Melalui Seminar, STIKI Beri Edukasi Cara Berpikir Cerdas & Kreatif di Era Millenial

Infokampus.newsSekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) mengadakan seminar kewirausahan dengan tajuk “Berpikir Cerdas & Kreatif di Era Millenial” (Inkubator Bisnis) pada hari Jum’at (17/5/2019).

Dalam rangka kerjasama antara unit INBIS dan DiLo Malang langkah awalnya melalui acara seminar kewirausahaan dengan pemateri pertama yakni M. Ziaelfikar Albaba selaku founder Indiekraf Digital Media menyampaikan materi mengenai Digital Creative Industries Landscape.

M. Ziaelfikar menekankan bagaimana kita sebagai generasi millenial hidup dengan berpikir kreatif inovatif dengan cara mencari apa saja yang mengubah segala sesuatu menjadi lebih baik, mencari inspirasinya dengan bertukar pengalaman dengan teman dan mencari ide dengan belajar dari ide-ide orang lain lalu membuat sesuatu yang beda dari yang lain.

Sementara, Pemateri Kedua Anggita Satriya Kurniawan selaku Lead lxDa Malang membawakan materi mengenai Work in Digital Millenial Era. beliau  menyampaikan anak millenial ini dibentuk untuk bekerja seperti Digital nomad jadi membuat aplikasi bersama teman seantero dunia dan berpindah-pindah. oleh karena itu  harus benar-benar menemukan passion dalam menciptakan aplikasi yang berguna bagi setiap orang. Sementara itu seminar diawali dengan sambutan oleh Ayu Hadiarti selaku head of DiLo Malang.

Baca Juga :  Persembahan Untuk Negeri, Ma Chung Berikan Kontribusi Selamatkan Terumbu Karang

Setiabudi Sakaria, M.Kom selaku Ka. Inkubator Bisnis STIKI menjelaskan tujuan diadakannya seminar kewirausahaan ini untuk sharing pengetahuan dan pengalaman pada tingkat dasar,  selanjutnya ada juga pengembangan pembinaan startup atau perusahaan pemula civitas akademika STIKI agar dapat menumbuhkembangan potensi usaha baik dari aplikasi yang akan dibuat atau produk yang berpotensi profit berkelanjutan.

Kegiatan seminar seperti ini dilaksanakan sebanyak minimal dua kali setiap semester dengan berbagai pembicara dari kalangan pebisnis, komunitas ada juga akademisi yang mempunyai usaha/bisnis. tujuannya adalah upaya penguatan bidang kreatif yang bermutu dan berkelanjutan dalam unit Inkubator bisnis dengan cara melakukan seminar atau magang atau kolaborasi dengan para komunitas, UMKM dan industri.

Acara yang diselenggarakan di  Aula Gedung E lantai 2 STIKI Malang ini turut mengundang mahasiswa dan untuk UMKM serta para unit Inkubator Bisnis PT di Malang.  “Umumnya peserta adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kewirausahaan. bentuknya seperti kuliah tamu yang berhubungan dengan ilmu marketing, kewirausahaan dan pengembangan startup”. TerangNya.

Diakhir Setiabudi Sakaria,  menyampaikan harapannya para mahasiswa yang mengambil mata kuliah kewirausahaan dapat terbuka wawasan dan pengetahuannya melalui seminar dengan para praktisi bisnis, komunitas dan para pengembang startup yang sudah sukses sebelumnya.
“Hal ini dalam rangka pembinaan para kelompok mahasiswa yang sudah punya ide bisnis agar dapat diwujudkan baik saat masih di kuliah ataupun nanti setelah menjadi alumni dengan usaha baru yang diciptakan sehingga mereka bukan lulusan pencari kerja tetapi menciptakan kerja sebab lulus STIKI haruslah memiliki kompentesi 3 hal ini yaitu menguasai ICT, Leadership dan Entreneurship.” Tuturnya lebih lanjut. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *