Membaca Peluang Kerja Remote Sejak Awal Kuliah

Infokampus.news, Malang – Dalam rangka memperkenalkan dunia kerja sejak dini, P2KM/Kemahasiswaan STIKI Malang menyelenggarakan seminar dengan mengangkat tema Peluang Kerja Remote sejak Awal Kuliah. Bertempat di Ruang Seminar Gedung A STIKI Malang, seminar diisi dengan dua pembicara sekaligus yang sudah berkompeten dibidangnya.

Pembicara pertama adalah Moch Zamroni,S.S, sarjana sastra yang telah malang melintang di dunia teknologi informasi dan desain. Dalam pemaparannya, pria yang terlibat dalam project Tiket.com ini membedakan antara pekerja penuh-waktu (fulltimer) dengan pekerja lepas (freelancer) dan antara pekerja kantoran (on-site) dengan pekerja bebas (remote) yang masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan.

Zamroni mengajukan pertanyaan, mengapa tidak jadi pekerja bebas penuh-waktu. Dapat gaji bulanan, uang pensiun dan asuransi, segala keperluan pekerjaan dibelikan, tetapi tidak perlu bekerja di kantor dan memiliki waktu kerja yang fleksibel.

Berdasarkan pengalaman, untuk mendapatkan kepercayaan dari orang, kita harus memiliki kemampuan dan pencitraan diri. Kemampuan dan pencitraan diri ini dapat dilihat dari portofolio yang dibuat baik album cetak ataupun yang dimuat di media sosial.

Tantangan Bagi Pekerja Remote

Bagi mahasiswa, mulailah mengumpulkan tugas-tugas yang pernah dikerjakan, sortir, dan buat portofoliomu. Apabila tugas/karyamu pernah digunakan orang lain (secara komersial) mintalah bukti bisa tanda tangan yang bersangkutan, dokumentasi penggunaan karya tersebut, dan sebagainya.

“Tantangan terbesar pekerja remote adalah membangun tim kerja,” ujar Zamroni.

Herdian Ferdianto,S.Kom, mendorong mahasiswa untuk membuat portofolio karyanya kemudian diunggah baik ke Linkedin maupun Github. Ada baiknya untuk memperluas jaringan dan koneksi pengetahuan dan jam terbang. Untuk memperluas jaringan, pria yang sekarang menjadi Project Manager PT. Sinar Media Tiga ini menganjurkan mahasiswa untuk join dulu ke perusahaan. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Prediksi Jumlah Peminat Universitas Andalas Pada SBMPTN 2017!

Universitas Andalas atau biasa disebut UNAND merupakan salah satu perguruan tinggi favorit di Kota Padang, Sumatera Barat

Close