Membanggakan! Selain Menjadi Lulusan S2 Terbaik, Alumni Unikama ini Diterima menjadi CPNS

Infokampus.news, Malang –  Joko Prih Triyana, M.Pd, alumni Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) program studi (Prodi) PGSD angkatan tahun 2011 berhasil mengharumkan nama Unikama. Melalui tekad yang kuat dan semangat untuk menggapai cita-cita yang lebih tinggi, ia berhasil meraih lulusan S2 terbaik sekaligus diterima sebagai CPNS di Jawa Timur.

Menjadi lulusan S2 terbaik sekaligus diterima sebagai CPNS di jawa Timur tidaklah mudah. Joko menceritakan Setelah lulus dari Unikama pada tahun 2015, diterima bekerja di SD Islamic Global School Sukun. Seiring berjalannya waktu mengajar sebagai guru di sekolah dasar swasta yang notabennya teman-teman sesama pengajar SD banyak yang melanjutkan kuliah S2.
“Pada waktu itu dalam hati kecil saya, saya ingin sekali melanjutkan kuliah S2 namun belum mendapatkan restu orang tua dan saudara, karena orangtua merupakan pensiunan PNS dan masih memiliki tanggungan untuk biaya adek saya yang berkuliah S1,” tutur Joko.
Tidak menyulutkan semangat Joko untuk kuliah S2, pada tahun 2017 pendaftaran Mahasiswa Baru S2 Universitas Negeri Malang dibuka. Dengan uang tabungan yang ia punya, Joko mendaftar tanpa ijin keluarga.
Untuk mendaftar S2 diperlukan rekomendasi dari Unikama, akhirnya Joko menghubungi Kaprodi PGSD dan Dosen Unikama untuk bisa lanjut S2. Setelah melalui serangkaian tes dan tiba akhir pengumuman Joko diterima menjadi mahasiswa baru di Universitas Negeri Malang (UM) dengan jurusan yang linier yaitu S2 Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas.
“Saya baru menyampaikan kepada kedua orangtua saya ketika lulus tes S2 masuk UM dan saya memang bertekad jika keterima S2 UM saya berjanji kepada kedua orangtua saya ingin menunjukan yang terbaik. Selain itu tidak akan menikah sebelum lulus dan benar-benar sukses,” Ungkap Joko lebih lanjut.
Perlu diketahui, Joko merupakan wisudawan terbaik dengan IPK 3,99 dengan lama studi tercepat yakni 16 bulan saja sudah meraih gelar Magister. Joko mengangkat tema penilitian mengenai kebijakan sekolah sehari penuh (full day school) serta penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar.
Alasannya mengangkat tema full day dan penguatan karakter karena full day sendiri masih menjadi pro dan kontra pada khalayak masyarakat. Dengan demikian, Joko ingin melihat sejauh mana penerapan dan keterlaksanaan kebijakan dari pemerintah tentang full day school dalam menguatkan karakter siswa Sekolah Dasar di Kota Malang.
Joko memulai mengerjakan tesis di semester 2, di akhir semester 2 beliau menjadi mahasiswa awal yang sudah melaksanakan uji seminar proposal tesis. Pada bulan Desember 2018, joko bisa maju untuk sidang dan mendapatkan gelar Magister.
“Suka dukanya kuliah sambil bekerja membutuhkan waktu tenaga dan pikiran yang luar biasa. Susahnya memang kesulitan membagi waktu, jadi saya harus pintar-pintar membagi waktu saat bekerja, sudah konsekuensi saya bekerja sambil berkuliah S2. Alhamdulillah perjuangan saya selama ini terbayar tuntas dengan prestasi yang saya raih,” ujarnya.
Tidak berhenti sampai pada predikat menjadi lulusan wisuda terbaik, Joko mengikuti tes CPNS pada tahun 2018 dan diterima menjadi CPNS di Jombang Jawa Timur. Berkat ijazah S1 PGSD dari Unikama, pertamakalinya tes CPNS 2018, bulan Januari 2019, Joko sempat mengundurkan diri dari sekolah tempat ia mengajar sebelunnya.
“Alhamdulillah saya diterima CPNS di Jombang dan ini saya tinggal menunggu NIP keluar saja dari BKN. Saya berharap untuk kedepannya, jangan pernah berkecil hati bagi lulusan dari Perguruan Tinggi Swasta, saya bisa membuktikan bahwa lulusan Unikama mampu bersaing dan berhasil unggul menjadi lulusan terbaik. (Jul)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.