Ingin Memulai Bisnis yang Menguntungkan? Pebisnis Jebolan STIKI Malang Ini Beri Saran Jitu ‘Jangan Utang’!

Infokampus.news, Malang – Memulai bisnis yang menguntungkan tentu tidak mudah ya Sobat FoKus. Namun untuk memuai sesuatu yang baik harus dimulai juga dengan hal yang baik pula. Nah, salah satu pebisnis yang telah memiliki beberapa perusahaan jebolan STIKI Malang Mifta Farid memberi salah satu tipsnya untuk para pemula.

Yakni jangan pernah memulai dengan meminjam modal usaha dari bank. “Ketika tertekan hutang mental kita akan terkena (dampak), kita akan tidak bisa berpikir jernih dalam mengambil keputusan,” ujarnya saat memberikan pembekalan pada para adik-adik wisuda.

Saat memulai usaha baru akan banyak hal yang harus dilakukan. Namun jika terlilit hutang, maka langkah dalam mengembangkan usaha ‘baru’ tersebut akan terhambat.

“Beda dengan bisnis modal dari diri sendiri. Kita tidak akan takut saat memutuskan untuk mengambil resik,” jelasnya.

Bisnis yang Menguntungkan Dimulai dengan Modal Pribadi dan Mandiri dalam Mengambil Keputusan

Ia menceritakan kisahnya sendiri pula saat awal merintis bisnisnya. “Saya katakan lebih baik jika modal itu jangan pinjam dulu untuk awal bisnis. Tetap kreatif dan inovatif dalam wirausaha itu kuncinya,” tambahnya lagi.

Selain itu ia juga menambahkan, untuk memulai bisnis jangan terlalu mendengarkan saran dari banyak orang. Sebagai pebisnis pemula kita harus jeli dalam meilhat saran dan nasehat orang sekitar.

“Ketika orang dihadapkan modal besar, akan banyak orang yang memberi saran dan nasehat, jangan merasa terkekang karena mereka akan kasih pertimbangkan kanan-kiri. Ambil keputusan dari diri sendiri, kalau kita sudah bisa mandiri dalam ambil keputusan baru kita bisa terapkan kemandirian dalam usaha kita ke depannya,” tutupnya. (pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Fantastis! Peringkat IPB Masuk 3 Besar PTN Terbaik, Apa Kata Mahasiswanya?
Fantastis! Peringkat IPB Masuk 3 Besar PTN Terbaik, Apa Kata Mahasiswanya?

Selamat buat IPB! Sebuah pencapaian penting baru saja diraih oleh Institut Pertanian Bogor yang beberapa waktu lalu peringkat IPB berada...

Close