Menari di Ajang Internasional, “Kencana Pradipa” UI Menjadi Perwakilan Indonesia di Bulgaria

Infokampus.news – Kelompok Tari Mahasiswa “Kencana Pradipa” dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) berhasil membawa pulang Juara Grandprix (Juara Umum) di ajang The 7th World Championship of Folklore di Bulgaria. Ajang Internasional yang diadakan 17-27 Agustus ini membawa kebanggaan tersendiri untuk “Kencana Pradipa”.

Tidak hanya kemenangan, “Kencana Pradipa” juga berhasil membawa nama Indonesia di ajang kompetisi seni dan budaya di kancah dunia melalui pertunjukan Tarian Tradisional Saman yang telah dibawakan.

“Kencana Pradipa” berhasil membawa pulang World Champion untuk kategori Folklore Ensembles ; World Champion untuk kategori Folklore Instrumental Group ; Gold Medal untuk kategori Folklore Instrumental Group dan Gold Medal untuk kategori Folklore Ensembles.

Tim dari “Kencana Pradipa” sendiri beranggotakan 32 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia angkatan 2014–2016 yang sebelumnya telah bersaing ketat melawan negara lainnya seperti Rusia, Latvia, Kroasia, Iran, dan Bulgaria.

“Kencana Pradipa” UI Pukau Juri Dengan Tarian Tradisional Indonesia

Dewan juri handal seperti Prof. Kravtsov Nikolai, Maestro Georgi Yanko dan Mr. Valentine Halvadjiev turut hadir untuk memberikan penilaiannya di ajang The 7th World Championship of Folklore. Indikator penilaian diambil dari kompleksitas performa, kualitas performa, visual, kostum, staging dan perilaku panggung.

“Kami berhasil unggul pada poin penilaian kompleksitas dan visual kostum – panggung,” ujar Vinda Manurung selaku Team Leader “Kencana Pradipa”.

Di ajang The 7th World Championship of Folklore sendiri “Kencana Pradipa” menampilkan empat tarian tradisional asli Indonesia seperti Tari Saman dari Aceh, Tari Wanoja Bentang dari Sunda, Tari Kembang Selaras dari Betawi, dan Tari Papeda dari Papua. Sebuah kebanggan “Kencana Pradipa” dapat menjadi perwakilan dari Indonesia di ajang Internasional bahkan dunia. (has)

Sumber : http://www.ui.ac.id/

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jalin Kerjasama Internasional, UNAIR Lebarkan Sayap Bersama Universitas di Melbourne

Rabu (30/08) Universitas Airlangga bersama Vice-Chancellor La Trobe University melakukan tindak lanjut terkait kerjasama yang telah disepakati bersama

Close