Menarik! Angkat Topik Jadul, English Education Department Unikama Gelar Workshop Proffesional Development

Infokampus.news, Malang – Program Studi (prodi) Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kembali menggelar workshop di Auditorium Multikultural selama dua hari berturut-turut pada tanggal 30 – 31 Januari 2019.

Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun, kali ini mengangkat tema “A Two-Day Workshop on Professional Development”. Sobat FoKus, di Indonesia teknik mengajar melalui HOTS Learning & Task Based Learning Activity belum menjadi teknik mengajar yang difavoritkan oleh para guru. Dengan mengangkat topik yang sudah menjadi unggulan diharapkan kedepannya peserta workshop dapat mengaplikasikan di sekolah.
“Peserta terlihat sangat antusias sekali, dari 130 peserta yang datang tidak hanya berasal dari Malang saja, bahkan Surabaya, Jember, Banyuwangi, bahkan ada pula yang dari Cirebon dan Makassar,” terang Riza Weganofa, M.Pd, selaku Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris (English Education Department).
Untuk pemateri workshop kali ini, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unikama mendatangkan DR. Mirjam Anuegrahwati, M.A, selaku dosen senior Universitas Negeri Malang yang menjelaskan tentang HOTS (Higher Order Thinking Skill) Learning. Pemateri kedua dari Universitas Muhammadiyah Malang yakni Teguh hadi Saputro, M.A, menjelaskan tentang Task Based Learning Activity.
“Diharapkan dengan adanya workshop ini kualitas mengajar guru dan dosen, atau bahkan calon tenaga pendidik tidak hanya berhenti pada workshop ini. Semoga ilmu yang didapat dari sini bisa diterapkan, workshop ini diadakan sebagai penyegar untuk nantinya anak-anak mampu berpikir kritis. Selain itu bapak-ibu guru atau calon tenaga pendidik dapat mengaplikasikan di sekolah,” ungkapnya lebih lanjut.
Sejatinya, di era revolusi pendidikan 4.0 ini dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi dan mempersiapkan anak-anak untuk berfikir kritis. Sebagai perguruan tinggi, Unikama mampu menjadi wadah ilmu dan riset penelitian untuk disebarkan masyarakat luas melalui workshop ini. Karena pada dasarnya perguruan tinggi merupakan produsen perkembangan dan ilmu teknologi. (Jul)

Leave a Reply

Your email address will not be published.