Mendikbud, Perang HKI Nilainya Bisa Trilyunan Rupiah

Infokampus.news – Di era modern ini segala hal yang diciptakan manusia dan tidak segera dipatenkan, dapat menimbulkan konflik yaitu pihak lain bisa jadi mengklaim barang tersebut menjadi milik mereka. Hal ini disebut perang Hak Atas Kekayaan Intelektual atau HAKI yang disebut oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. M. Muhadjir Effendi dalam orasinya beberapa waktu lalu sedang marak terjadi di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Padahal, perang ini sendiri disebut Muhadjir bisa mencapai trilyunan rupiah jika sampai terjadi ke ranah hukum.

Baca Juga :

“Makanya kita harus hati-hati dalam menyampaikan segala sesuatu ke publik, apalagi kalau belum dipatenkan. Ada kasus seseorang bikin produk dan diklaim pihak lain terlebih dulu, nah ahirnya mereka yang punya ijin dan mereka tinggal memberbaiki sedikit ahirnya untung besar. Disinilah timbul konflik antara yang menciptakan dan memiliki izin, perang ini kalau sampai terjadi nilainya bisa mencapai trilyunan rupiah ya,” ujarnya menegaskan.

Proses Pemberian Izin Ini Sendiri Tidak Rumit

Dalam orasinya mendikbud juga meyakinkan para civitas akademika untuk mendorong para mahasiswa mematenkan hak cipta karya mereka meskipun belum sepenuhnya sempurna. Karena ia mengklaim proses yang dibutuhkan untuk pembuatan tidaklah rumit.

“Tinggal datang saja ke kantor HKI (re: kantor hak karya intelektual) nanti disana akan diberikan petunjuk jelas dan tidak rumit. Mungkin pihak kampus bisa memberikan arahan bagi para mahasiswa yang ingin mendaftar, atau bisa juga dengan nama universitas,” tandasnya.

Penulis : Irma Puspita
Editor : Galuh Pandu

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Negara Agraris Tapi Beras Masih Impor? Ini Sebabnya

Perspektif bangsa kita yang berbeda dengan bangsa lain dinilai cukup membuat pengaruh yang signifikan terhadap kondisi dan perkembangan tanah air...

Close