Menggali Peluang Usaha Melalui Sumber Daya Alam

Infokampus.news, Malang – Fakultas Pertanian UWG Malang memiliki banyak sekali terobosan untuk menggali peluang yang ada dimasyarakat. Dengan memanfaatkan temuan baru sebagai media inovasi dalam dunia pertanian, Fakultas Pertanian UWG Malang mengadakan demo bonsai guna memberikan sosialisasi baik kepada dosen maupun mahasiswa mengenai temuan inovatif yang nantinya dapat dipelajari dan dipraktekkan lebih lanjut.

Ir. Warsito, Antonius Tjahjo Karjono Gembjak dan Dr. Ir. Ririen Prihandarini, MS,. hadir sebagai pemateri untuk workshop yang diadakan oleh Fakultas Pertanian UWG Malang dan PPBI. Workshop dan demonstrasi ini diadakan sebagai tidak lanjut dari pameran bonsai beberapa waktu lalu. Sementara itu, Agus Sunarko hadir untuk melakukan demonstrasi pembuatan bonsai bagi pemula.

“Dunia bonsai ini bisa mendatangkan keuntungan secara ekonomi bagi pelakunya bila ini dilakukan secara serius, mumpuni dan konsisten. Karena bakalan dari bonsai sendiri bisa didapatkan dari alam, istilah yang saya ambil adalah Ora Kulakan Tapi Iso Dodol Larang,” ungkap Warsito.

“Meskipun seni itu adalah bagian dari kreatifitas manusia, akan tetapi ada pakem-pakem yang harus ditaati manakala bonsai ini akan dikonteskan. Sebagaimana kehidupan, ketidakseimbangan akan terasa menyakitkan,” ungkap Antonius Tjahjo Karjono Gembjak.

Memanfaatkan Sumber Daya Alam Yang Sudah Tersedia

Dr. Ir. Ririen Prihandarini, MS menjelaskan bagaimana agar pertumbuhan bonsai tidak cepat, maka pupuk yang paling tepat digunakan adalah pupuk organik. Pakar pertanian organik yang juga Dosen Fakultas Pertanian ini juga menjelaskan jenis-jenis tanaman apa saja yang dapat dijadikan bakalan bonsai.

Setelah workshop, acara dilanjutkan dengan demo bonsai yang disampaikan oleh Agus Sunarko selaku trainer bonsai tingkat internasional. Dengan pengalamannya di Belanda, Jerman, Jepang dan beberapa negara lainnya, Agus membagikan ilmunya pada peserta.

“Meskipun bonsai ini dapat dinikmati dari berbagai sisi, tetapi tetap harus ada fokus pandang pada satu sisi, yaitu bagian depan,” ujarnya. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Tips Makan Sahur Agar Tidak Cepat Lapar!

Bagi Sobat yang menginginkan tubuh yang fit dan tidak cepat lapar selama berpuasa, coba beberapa tips makan sahur berikut ini

Close