Mengulik Sisi Lain Mahasiswa Kupu-Kupu, Mahasiswa Penuh Misteri?

Infokampus.News, Nasional – Istilah mahasiswa kupu-kupu dan mahasiswa kura-kura pasti sering terdengar di dunia perkuliahan. Mahasiswa kupu-kupu dan mahasiswa kura-kura merupakan julukan bagi para mahasiswa dengan tipe yang berbeda.

mahasiswa kupu-kupu

Apa Itu Mahasiswa Kupu-Kupu?

Dilansir dari hipwee.com, istilah tersebut merupakan sebuah gabungan dari beberapa suku kata atau bisa disebut sebagai akronim. Mahasiswa kupu-kupu adalah singkatan dari mahasiswa kuliah-pulang. Sedangkan mahasiswa kura-kura adalah mahasiswa kuliah-rapat.

Disini mahasiswa kupu berarti mahasiswa yang hanya fokus pada pembelajaran pada saat kuliah dan tidak memiliki kegiatan di kampus selain saat mata kuliah. Sedangkan mahasiswa kura-kura adalah mahasiswa yang melakukan rapat setelah kuliah atau bisa dibilang mengikuti kegiatan organisasi kampus yang tersedia di kampus.

Mahasiswa kupu-kupu sering didampingkan dengan berbagai stigma negatif. Karena dianggap pemalas, pasif dan kurang pergaulan dan tidak memiliki kegiatan apapun selain kuliah. Sedangkan mahasiswa kura-kura yang selalu aktif mengikuti rapat dan kegiatan-kegiatan organisasi lainnya.

Dibanding dengan mahasiswa kupu-kupu, apakah mahasiswa kura-kura adalah mahasiswa yang ideal? Jawabannya bisa saja tidak. Baik kura-kura maupun kupu-kupu memiliki prioritas masing-masing yang tidak boleh dianggap sepele.

Mahasiswa kupu-kupu mahasiswa yang penuh misteri?

Hal ini mungkin saja benar. Mahasiswa kupuĀ  yang jarang terlihat di kampus mungkin saja memiliki kegiatan di luar kampus seperti membuka usaha atau bekerja. Hal ini tidak diperlihatkan kepada teman-teman sebayanya di kampus.

Tipe Mahasiswa seperti ini memiliki keuntungan dalam segi fokus belajar. Mereka yang tidak disibukkan dengan kegiatan di kampus seperti kepanitiaan, organisasi, ataupun unit kegiatan mahasiswa akan memiliki waktu yang cukup luang untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah, berhubung tugas yang diberi oleh dosen terkadang sangat banyak maka dari itu mahasiswa kupu-kupu dapat menyelesaikan dan mengumpulkannya tepat waktu.

Sedangkan dari segi lain, mereka memiliki kesempatan untuk mengeksplor hobi dan hal lain yang bisa dipelajari dengan leluasa, serta mereka dapat merintis bisnis kecil-kecilan sembari kuliah.

Mahasiswa kura-kura juga mendapatkan keuntungan seperti memperoleh relasi yang luas dan dapat menamba skill ketika berorganisasi.

Mahasiswa kura-kura cenderung memiliki pengalaman berorganisasi yang tentunya sangat dibutuhkan di dunia kerja nantinya, mereka sudah terlatih dalam hal berkomunikasi dan networking sejak di bangku kuliah sehingga ketika memasuki dunia kerja mereka dapat beradaptasi lebih cepat.

Baik mahasiswa kupu-kupu atau kura-kura akan lebih baik jika tidak terlalu membanding-bandingkan mereka.

Mahasiswa yang memilih untuk menjadi kupu-kupu atau kura-kura masing-masing memiliki keuntungannya tersendiri, keuntungan itu bisa diraih tergantung bagaimana mahasiswa itu menjalaninya. Kedua tipe mahasiswa tersebut perlu berjalan seimbang agar hasil akhir yang di dapatpun akan seimbang.

Apapun pilihan Anda, Mahasiswa kupu-kupu atau mahasiswa kura-kura itu tidak masalah. Selagi Anda mengerjakan sesuatu dengan benar dan serius. Agar mendapatkan hasil yang bagus diakhir perkuliahan. (zia)

Leave a Reply

Your email address will not be published.