Mengupas Arti Dari Bela Negara

Infokampus.news, Malang – Untuk meningkatkan semangat bela negara dalam rangka mewujudkan pertahanan negara yang tangguh, Universitas Widyagama Malang (UWG) menggelar seminar sosialisasi untuk para mahasiswa.

Seminar di gelar Rabu (22/03) di Auditorium Kampus III Universitas Widyagama ini dihadiri oleh Dir. Jakstra Kemhan Brigjen TNI M.Nakir, Rektor UPN Veteran Jawa Timur Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP, Kabakesbangpol Provinsi Jawa Timur Jonathan Judiantor, dan perwakilan PPTP Kemhan Provinsi Jawa Timur Brigjen TNI Marinir Denny Kurniadi.

Berkerjasama dengan Perwakilan Pelaksana Tugas Pokok Kementrian Pertahanan Provinsi Jawa Timur, UWG ingin mensosialisasikan apa dan bagaimana cara bela negara khususnya di Indonesia.

Bela Negara Untuk Kesejahteraan Orang Lain

Jonathan Judiantor menjelaskan pengetian mengenai bela negara, menurutnya bela negara itu bukan hal yang sulit karena sudah menjadi kewajiban warga bernegara untuk membela negaranya.

“Bela negara yang terpenting adalah bisa memberikan pelayanan pada masyarakat bukan untuk kepentingan pribadi namun untuk kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

“Dengan menjadi mahasiswa yang baik dan benar serta tidak ikut kegiatan radikal juga bagian dari bela negara,” imbuhnya.

Peran mahasiswa dalam wujud bela negara memang bukan lagi ikut angkat senjata, namun bagaimana mewujudkan kecintaan pada negara. Kecintaan dasar nasionalisme, cinta pada tanah air laksanakan dengan mengamalkan pancasila secara serius dan dilandasi komitmen.

“Menerapkan rasa nasionalisme melalui karya dan kemampuan yang sesuai dengan bidangnya merupakan salah satu bentuk bela negara,” terangnya.

Pembinaan Kesadaran Bela Negara

Brigjen TNI M. Nakir menjelaskan alasan mengenai mengapa yang harus di bela dari Negara.

“Banyak yang harus kita bela dari suatu Negara salah satunya kedaulatan Negara, keutuhan wilayah dan yang terpenting adalah keselamatan Bangsa,” tegasnya.

Dalam strategi membela negara kita harus bisa mengutamakan skala prioritas pertahanan.

“Meningkatkan profesionalisme TNI, penyiapan dan pengembangan kekuatan rakyat, dan pengembangan teknologi pertahanan dalam mendukung ketersediaan alutsista,” paparnya. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peran Media 50% Dalam Ekosistem Dunia Pendidikan!

Peran media saat ini sangatlah penting, tidak terkecuali untuk pendidikan di Indonesia. Poin inilah yang ditekankan Staff Khusus Menteri

Close