Menjadi Mahasiswa Indonesia, Menjadi Bangsa Indonesia

Infokampus.news – Sejatinya menjadi mahasiswa adalah menjadi sosok intelektual yang mengambil peranan penting di tengah masyarakat. Sejatinya menjadi mahasiswa adalah menjadi manfaat bagi bangsa dan negara. Sejatinya menjadi mahasiswa adalah menjadi bangsa itu sendiri. Itulah mahasiswa Indonesia .

Dengung gerakan mahasiswa dalam dinamika nasional menjadi semacam wacana yang tak bisa dielakkan. Mahasiswa menginsyafi denyut perjuangan setiap zamannya. Kita mengenang berbagai peristiwa dimana mahasiswa adalah aktor utamanya. Mulai dari era Sumpah Pemuda hingga peristiwa terbaru yang disebut media sebagai “Kartu Kuning Jokowi” membuktikan satu hal. Bahwa benar adanya mahasiswa adalah bagian dari menjadinya bangsa Indonesia.

Sebagaimana zaman yang terus berganti, tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa semakin beragam. Mahasiswa kini dihadapkan pada sebuah fase dimana keberlangsungan teknologi yang kian mutakhir jika tidak diatasi akan mereduksi makna dari gerakan mahasiswa itu sendiri. Banyak hal positif dimaknai beragam, banyak hal benar dianggap keliru, begitupun sebaliknya.

Mahasiswa Indonesia Hari Ini Butuh Lebih Banyak Mempertimbangkan

Mahasiswa Indonesia Hari Ini Butuh Lebih Banyak Mempertimbangkan

Perlu diketahui bahwa menjadi mahasiswa di era saat ini adalah menjadi bijak dan membutuhkan dua kali lipat lebih banyak pertimbangan daripada era sebelumnya. Bukan tanpa sebab, kita semua jamak mengetahui bagaimana kerasnya pergaulan di sosial media saat ini. Berlaku benar saja masih dipermasalahkan, apalagi bertindak sebaliknya. Pertimbangan moral tidak semata menjadi utama dan pertama, perlu adanya pertimbangan akan kemungkinan salah tafsir agar tidak melukai sebagian pihak tertentu.

Dan menjadi masyarakat Indonesia sudah semestinya menjadi pribadi bangsa yang menghargai setiap kebebasan berpendapat, kebebasan setiap ekspresi dan kebebasan kritik. Namun sekali lagi perlu ditekankan pada pentingnya menghargai setiap koridor moral bangsa yang merupakan cerminan bangsa yang santun dan beradab. Maka dari itu, cukuplah kita menyudahi ego dan mari beradab dalam memaknai segala hal.

Tulisan ini bukan dimaksud untuk menilai ataupun menghukumi apa yang sudah terjadi belakangan ini. Tulisan ini saya maksudkan sebagai upaya untuk memahamkan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia bahwasanya setiap orang berhak untuk berpendapat dan setiap orang berhak untuk mengkritik. Namun ada kalanya kita memerhatikan koridor berbangsa yang ada karena kebebasan yang tidak berkoridor akan berujung pada perpecahan bangsa Indonesia.

Terkhusus pada mahasiswa, tidak ada keinginan untuk menghukumi sesuatu melainkan sebuah dorongan untuk bersikap lebih Indonesia. Karena semenjak kita bergelar mahasiswa, maka kita telah menjadi bangsa Indonesia. (sig)

Raka Iskandar*

*Penulis adalah mahasiswa tingkat akhir yang saat ini tengah mendalami Kajian Media di Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya

Berita Terkait

ADV-728_x_90

sig

sosiopat-satiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Ini Dia Lowongan Kerja Metro TV Terbaru 2018!
Ini Dia Lowongan Kerja Metro TV Terbaru 2018!

Metro TV telah menghasilkan acara-acara berkualitas. Diantaranya adalah Mata Najwa, Kick Andy, Sentilan Sentilun, hingga Stand Up Comedy Metro TV....

Close