Menristek Dikti Seleksi Inovasi Perguruan Tinggi untuk Dunia Industri

Infokampus.news – Pengembangan iptek dan inovasi sebagai ujung tombak Perguruan Tinggi harus memiliki daya saing tinggi dan unggul. Lewat kegiatan inilah, diharapkan semakin menumbuhkan kesadaran dan pemanfaatan ilmu dan teknologi tepat guna, salah satunya melalui sistem informasi akademik.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir tahun ini menargetkan 29 inovasi menjadi industri. Hal itu disebabkan selama ini inovasi-inovasi perguruan tinggi banyak yang tidak dipakai oleh dunia industri.

Baca Juga:

“Yang harus dilakukan adalah invendor ini harus kita hilirkan kepada industri karena inovasi-inovasi memiliki nilai tambah perguruan tinggi. Saat ini banyak industri banyak industri yang tidak mengetahui seorang invendor atau inovator maka ada media yang namanya kita mempertemukan antara pengusaha dengan inovator,” katanya usai memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru pascasarjana di Gedung Convention Hall Universitas Andalas (Unand) Padang, Jumat (12/8/2016).

Menteri Nasir menuturkan, tujuan hasil inovasinya yakni bisa masuk industri. Ini dinilai hal yang sangat penting supaya memberikan nilai tambah ke sebuah perguruan tinggi. “Riset-riset itu akan menghasilkan manfaat kepada masyarakat,” ujarnya.

Nasir menargetkan pada tahun ini ada 29 inovasi yang sudah menjadi industri. Pada akhir Juli ada 24 hasil inovasi yang diseleksi dan dikumpulkan. “Mudah-mudahan menjadi industri betul ini sudah saya ketemukan dengan industri. Nanti saya akan cek pada akhir tahun apakah 40 unit bisa menjadi industri betul,” ujarnya.

Satu contoh, Sabtu ini Menristek Dikti akan cek kapal datar yang dihasilkan penelitihan perguruan tinggi yaitu Universitas Indonesia dengan industri pemula berbasis teknologi. “Kalau ini bisa dilakukan industri bergerak akan lebih baik, untuk itu saya minta Unand juga punya inovasi yang bisa kita hilirkan ke dunia industri, kalau enggak manfaat dari sebuah inovasi berarti tidak ada nilai tambah bagi masyarakat,” katanya. (FA)

 

Sumber: Okezone

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PIMNAS 2016 Juga Jadi Ajang Berbisnis!

Tahun ini ada yang berbeda pada kegiatan Pimnas ke-29 dari tahun-tahun sebelumnya. Acara yang berlokasi di kampus Institut Pertanian Bogor

Close