Menristekdikti: Pola Asrama Cocok untuk Mahasiswa Bidikmisi

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan pola asrama sangat sesuai untuk mahasiswa penerima Bidikmisi yang menjalani studi di perguruan tinggi negeri (PTN).

Menurutnya, asrama akan meringankan beban mahasiswa terutama penerima Bidikmisi. “Jika mahasiswa tersebut menyewa rumah kos, maka biaya hidup per bulannya akan bertambah, berbeda jika disediakan asrama,” ujar Nasir saat memberi kuliah umum di Universitas Musamus, Merauke, Papua, seperti dilansir Antara, Selasa (19/4/2016).

Kemristekdikti, kata Nasir, akan menganggarkan anggaran pada 2017 yang diperuntukkan bagi sejumlah universitas di Papua.

Seorang dosen Universitas Musamus, Norce Mote, dalam dialog dengan Menristekdikti meminta pemerintah menyediakan asrama bagi mahasiswa yang mendapat beasiswa Bidikmisi. Penyebabnya, banyak mahasiswa di universitas tersebut terutama mendapat beasiswa Bidikmisi yang mendapatkan IPK kecil.

“Kami berharap Universitas Musamus ada pola asrama. Tujuannya agar anak Bidikmisi mendapat arahan. Sekarang, IPK anak Bidikmisi hanya satu koma sekian, dan sekarang kami berpikir bagaimana menyelesaikan hal itu,” kata Norce.

Norce menambahkan pola asrama sangat diperlukan oleh mahasiswa yang berasal dari Papua.

Sementara itu, Rektor Universitas Musamus, Philipus Betaubun, saat ini universitasnya menampung 10.302 mahasiswa dengan 202 dosen. Selain itu, permasalahan lainnya adalah kurangnya sarana dan prasarana di kampus tersebut.

“Ada lima gedung yang belum kami selesaikan. Oleh karenanya kami meminta bantuan dari Kemristekdikti untuk menyelesaikannya,” harap Betaubun. (FA)

 

Sumber : news.okezone.com

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
sbmptn
Mau Lulus SBMPTN? Siapkan Dirimu dengan Tips Ini

Para siswa-siswi tingkat SMA dan sederajat kini bisa bernapas lega lantaran ujian nasional (UN) telah usai. Saat ini, mereka sedang...

Close