Menristekdikti Resmikan Science Center di Semarang

Infokampus.news – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meresmikan pusat peraga ilmu pengetahuan dan teknologi atau science center untuk Provinsi Jawa Tengah di Semarang.

Pusat peraga Iptek dengan nama Jateng Science Center (JSC) yang berlokasi di Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Semarang tersebut merupakan pusat peraga Iptek keempat yang diinisiasi Kemristekdikti di 2016.

Dalam acara peresmian, Menristekdikti menyerahkan hibah 10 alat peraga sains interaktif. Dia berharap keberadaan science center di daerah-daerah sebagai hasil inovasi perguruan tinggi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Misi pendirian pusat peragaan Iptek adalah upaya menumbuhkembangkan pemahaman, apresiasi, motivasi masyarakat mengenai pentingnya pembudayaan Iptek dalam pembangunan bangsa.

“Untuk itu, kolaborasi dan kemitraan pemerintah, akademisi, dunia usaha, dan masyarakat terus dijalin untuk memberi perhatian pengembangan budaya iptek di daerah,” kata Nasir, belum lama ini.

Baca Juga:

Direktur Sistem Inovasi Kemristekdikti Ophirtus Sumule mengatakan upaya perintisan pendirian science center daerah terus dilakukan dan dikembangkan sebagai upaya internalisasi dan peningkatan kapasitas iptek dan inovasi di kalangan generasi muda.

Idealnya, pusat peragaan Iptek daerah harus berdiri di seluruh di Indonesia. Kemristekdikti berharap pemerintah daerah, perguruan tinggi, dan dunia usaha dapat merespon pentingnya membangun science center di wilayahnya masing-masing.

JSC merupakan pusat peraga iptek ke-20 yang dikembangkan Kemristekdikti sejak 1991. Diharapkan terjalin simbiosis mutualisme antara pemerintah daerah dan pemangku kepentingan untuk pengembangan budaya sains di masa yang akan datang.

Keberadaan pusat peraga Iptek di daerah menjadi strategis karena merupakan wahana pelengkap pembelajaran kognitif dan psikomotorik yang efektif pengembangan nalar generasi muda.

Wahana peragaan Iptek juga merupakan salah satu sarana pendidikan luar sekolah yang di dalamnya terdapat perpaduan antara pengetahuan dan unsur hiburan, sehingga masyarakat dapat mengenali konsep dan penerapan Iptek dengan mudah dan inspiratif. (FAM)

 

Sumber: Dikti

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tingkatkan Kualitas Riset, UGM Undang Profesor Internasional

Rektor UGM menyatakan segera mengundang profesor berkualitas internasional untuk membantu percepatan peningkatan kualitas riset di UGM.

Close