Menteri Bambang Brodjonegoro Ajak Mahasiswa UI untuk Mampu bersaing di tingkat Dunia

Infokampus.news – Universitas Indonesia (UI) kembali menggelar Kuliah Umum pada rangkaian KAMABA UI (Kegiatan Awal Mahasiswa Baru UI) dengan menghadirkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia Prof.Dr. Bambang Brodjonegoro, Ph.D. Kuliah umum ini disaksikan oleh Rektor UI Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis, M.Met, Direktur Kemahasiswaan UI Dr. Arman Nefi, para Dekan Fakultas dan Manajer Kemahasiswaan serta 7ribu mahasiswa baru UI jenjang Sarjana dan Vokasi pada Jumat (5/8) di Balairung UI, kampus Depok.

Dalam kuliah umumnya, Prof.Bambang memotivasi para mahasiswa baru UI agar memiliki kompetensi diri yang siap diadu di level global. Prof. Bambang mengharapkan kelak para mahasiswa UI mampu bersaing secara global mengingat pergerakan barang dan SDM sudah sangat terbuka dan tanpa batas. Prof. Bambang menambahkan, “Kelak sebagai alumni UI, kalian harus memiliki kemampuan yang globally competitive, bukan hanya locally competitive. Untuk itu, semasa perkuliahan, kalian harus mampu menidentifikasi permasalahan, tantangan, ancaman hingga kekuatan yang dimiliki bangsa ini. Sebagai contoh, salah satu tantangan yang dihadapi Indonesia adalah negara berkepulauan yang dipisahkan oleh Laut. Sebagai pemuda pendorong pertumbuhan ekonomi bangsa, maka kalian harus mampu melihat bahwa laut bukanlah pemisah melainkan sebuah konektor dan temukan solusi untuk mengembangkan sistem logisitik yang optimal baik dari segi efisiensi waktu maupun ekonomi.”

Menteri Bambang Brodjonegoro Ajak Mahasiswa UI

Lebih lanjut, Prof. Bambang juga menyampaikan, untuk mengejar ketertinggalan dan menjadi negara maju, Indonesia harus mengubah pola konsumsi komoditas dan sumber daya alam menjadi bangsa pengolah bahan mentah/setengah jadi, pengeksport produk dan berubah menjadi negara Industri dan Jasa. Di akhir kuliah umumnya, Prof. Bambang menutup dengan pesan, “Jadilah pemuda yang bisa diandalkan, adaptif serta memiliki pemahaman sejarah yang kuat dan visi untuk menghadapi tantangan di masa depan dan jangan pernah lupa untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri dan kemampuan bahasa.”

KAMABA UI 2016 diikuti oleh tidak kurang dari 7.000 mahasiswa baru UI tahun akademik 2016/2017 dari program Sarjana semua kelas (Reguler, Paralel dan Internasional) serta program Vokasi. KAMABA UI 2016 diharapkan mampu memberikan pengarahan dan bimbingan untuk memahami dan beradaptasi dalam budaya akademis dan sistem belajar pendidikan tinggi guna kemandirian, pola pikir, pergaulan, dan kepedulian terhadap bangsa Indonesia.

Menteri Bambang Brodjonegoro Ajak Mahasiswa UI

Baca Juga :

KAMABA UI 2016 berlangsung sepanjang bulan Agustus 2016 dengan rangkaian kegiatan seperti Pengenalan Sistem Akademik Universitas dan Etika Akademik ; Latihan Paduan Suara untuk kegiatan wisuda UI ; Orientasi Belajar Mahasiswa ; Upacara Proklamasi Kemerdekaan ; Orientasi Kehidupan Kampus ; Program Cinta Kampus dan Penampilan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa. (cska)

ADV-728_x_90

cska

Admin Super INFOKAMPUSNEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Penelitian Di Kampus Harus Lebih Ditingkatkan!

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA mengingatkan penelitian di kampus

Close