Menteri ESDM Hadiri Kuliah Umum & Workshop PP Pemuda Muhammadiyah di UMM

Infokampus.news, Malang – Hari ini (21/2) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan kuliah umum dan lauching Gerakan Sadar Energi di Dome UMM. Kegiaran ini diinisiasi oleh Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah sebagai tujuan untuk menciptakan pemuda sadar energi guna menciptakan kemansirian bangsa dalam bisang energi.
Hadir sebagai pembicara yaitu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan serta beberapa jajaran Direktorat Jendral Kementrian ESDM lainnya. Selain itu, acara ini dihadiri oleh 102 anggota PP Pemuda Muhammadiyah yang datang dari seluruh Indonesia.

Visi Kemandirian UMM Selaras Dengan Kementrian ESDM

Rektor UMM, Dr. Fauzan dalam sambutannya mengatakan visi kemandirian yang di usung oleh kementrian ESDM sejatinya sudah selaras dengan visi kemandirian yang di usung oleh UMM. Hal tersebut di contohkan Fauzan dengan dibangunnya Pembangkit Listrik Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). PLTMH di UMM sendiri dibangun sendiri oleh pihak UMM guna menopang aktivitas kampus.
“Selain PLTMH, UMM juga punya unit yang menopang UMM seperti rumah sakit, taman rekreasi, dan bengkel di Batu. Alhamdulillah, melalui unit ini, UMM membuktikan mampu membuktikan sebagai salah satu kampus Mandiri,” Ungkapnya.
Kemandirian UMM yang di aplikasikan kebentuk Unit-Unit usaha tersebut juga menghasilkan pengurangan pembiayaan di proses penyelenggaraan pendidikan. Oleh karenanya, dirinya bangga bahwa dengab adanya Unit-Unit usaha tersebut, UMM tidak perlu lagi mematok biaya mahal untuk proses pendidikan di UMM.
“Di UMM bayar kuliah itu rata-rata Cuma 1,7 juta. Banyak kampus sebenarnya biasa saja tapi mematok uang kuliah diatas 2,5 juta. Inilah kemandirian yang dicerminkan dari manajemen kampus UMM,” Papar Fauzan.

PP Pemuda Muhammadiyah Ingin Beri Kontribusi Nyata Untuk Negara Melalui Kegiatan Workshop Energi

Sementara itu, Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan dalam sambutannya, pelaksanan Kuliah Umum dan Workshop Energi ini sebagai bentuk kontribusi PP Pemuda Muhammadiyah kepada negara. Dirinya berharap, pada kegiatan ini baik PP Pemuda Muhammadiyah maupun mahasiswa UMM yang hadir dapat bergerak untuk sadar betapa pentingnya ESDM bagi negara Indonesia.
“ini kontribusi PP Pemuda Muhammadiyah untuk negara. Kami akan berada di posisi Amar ma’ruf nahi munkar. Artinya kami akan apresiaai dan dukung kebijakan yang baik dan akan mengkritisi kebijakan yang dinilai buruk bagi masyarakat,” Paparnya. (uch)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sambut Kedatangan Menteri ESDM, IMM gelar Aksi Di Kampus UMM

Kedatangan Menteri ESDM Ignasius Johan ke UMM disambut oleh aksi yang di gelar oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Se-Malang Raya

Close