Menteri Inginkan UB Ubah BLU menjadi Badan Hukum, ‘Gali Sisi Kekayaan Pengelolaan’ !

Infokampus.news, Malang – Prof Dr Ir Abdul Latief Abadi, ketua PTN Badan Hukum Universitas Brawijaya (UB) membeberkan poin penting yang diharapkan pihak kampus atas tercapainya status baru UB nanti. Ia mengutip ulang apa yang disampaikan oleh rektor UB.

“Perubahan status ini sudah disinyalkan oleh menteri dua tahun lalu pada pak rektor,” Latief menjelaskan awal mula tergeraknya kampus untuk menindak lanjuti perubahan status ini.

Ia menambahkan sejak itu juga rektor mulai memintanya untuk mengajukan perubahan status ini. Namun sebenarnya Surat Keterangan Resmi yang baru turun pertengahan tahun kemarin.

“UB diminta mempersiapkan PTN BH sejak pak Bisri jadi rektor.” ia menambahkan.

3 Opsi Yang Dimiliki UB untuk PTN BH

Ia memaparkan pihak kampus mulai sejak saat itu memikirkan tentang perubahan status menjadi PTN BH.

“UB mulai memikirkan dan punya 3 opsi;
1. menerima PTN BH.
2. menerima dengan menunda sampai UB siap.
3. UB tetap BLU.

Dengan 3 pertimbangan tersebut UB mulai membenahi diri sekaligus mempersiapkan apapun dokumen dan perbaikan yang perlu dilakukan. Termasuk memiliki tim khusus untuk mengkaji ulang apa-apa yang diperlukan untuk mengubah sistem BLU menjadi Badan Hukum.

“Kami mulai mengkaji dulu ahirnya, kita punya apa mereka punya apa mulai perbandingan juga dengan kampus yang lain seperti ITB, Unpad dan UI. Seperti ITB punya dua senjata hebat yaitu punya dana abadi. Jadi mereka mengcreate dana abadi dari alumni, nah dana abadi akan signifikan kalau sudah mencapai 5 Triliun keatas.” paparnya.

Ia mengklaim hal inilah yang harus juga dimiliki oleh UB, yaitu menggali PTN BH sari sisi kekayaan pengelolaan dana yang ada pada aset kampus dan juga sumbangan dari para alumni. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ubah Kampus Menjadi Badan Hukum, ‘UB Mampu Jadi Kampus Mandiri’

UB seharusnya PTN Badan Hukum bukan BLU lagi, padahal PTN Badan Hukum sudah 11 dan kampus kami sendiri ada di...

Close