Menuju Kampus Unggul, UNIGA Mendapatkan Pendampingan Audit Mutu Internal Dikti

INFOKAMPUS.NEWS – Universitas Gajayana (UNIGA) Malang menjadi salah satu dari 10 Perguruan Tinggi di Indonesia yang mendapat pendampingan langsung Audit Mutu Internal Dikti. Uniga  sebagai salah satu kampus di Malang memiliki kelebihan yang dipandang oleh Direktur Penjaminan Mutu Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan pantas memperoleh pendampingan langsung (8/11).

Civitas Uniga saat mengikuti kegiatan Pendampingan Audit Mutu Internal dari Dikti

Kegiatan Pendampingan oleh Dirjen Belmawa Kemristek Dikti yang diselenggarakan di Aula Pasca Sarjana MM Uniga Malang ini diberikan kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan Uniga Malang pada Jumat, 8 Nopember 2019.

Dr. Masluhin Hajaz selaku Kasubdit Penguatan Mutu Dirjen Belmawa

Adapun pemateri dalam acara pendampingan Audit Mutu Internal Uniga ini terdiri dari tiga orang yaitu , Prof. Dr. Hartanto L Nugroho, M.Agr dari UGM, Prof. Dr. Ir. Noor Harini, MS., dari UMM dan Dr. Masluhin Hajaz selaku Kasubdit Penguatan Mutu Dirjen Belmawa.

Pendampingan Audit Mutu Internal Uniga

Dalam kesempatan ini, Prof. Dr. Hartanto L Nugroho, M.Agr dari UGM berbagi pengalamannya. “Saya mengawali karir saya di penjaminan mutu itu tahun 2004 sebagai tukang ketik. Kami berangkat hanya dari komitmen. Jadi komitmen bersama. Ini berjalan merangkak dan Alhamdulillah tahun ini kami mendapat sertifikasi tingkat Eropa. Kunci utama adalah komitmen. Mutu bisa dibangun dengan komitmen bersama.” ungkapnya.

Baca Juga :  Kenali Anak Genius Dari Belgia, Di Usia 9 Tahun Laura Simons Akan Raih Gelar Sarjana Teknik Elektro
Rektor Uniga, Prof. Dr. Dyah Sawitri, SE., MM

Prof. Dr. Dyah Sawitri, SE., MM selaku Rektor Uniga menyampaikan bahwa Uniga segara melakukan peningkatan mutu di berbagai bidang. “Tiada hari tanpa mutu. Kita ciptakan itu. Nah ini hal-hal yang membantu mutu di lembaga kami, sehingga apa yang tujuan ke depan unggul, itu bisa diwujudkan oleh Uniga. ”

Peningkatan mutu diantaranya dalam hal sarana prasarana, kualitas dosen, dan kurikulum.”Kurikulum harus terus up date terhadap perkembangan pasar, sesuai dengan kebutuhan pemakai lulusan kita,” terang salah satu Rektor Perempuan di Malang ini.

Pendampingan mutu langsung dari Dirjen Belmawa ini merupakan kesempatan emas  bagi Uniga sebagai salah satu kampus di Indonesia yang terpilih. “10 kampus Perguruan Tinggi se- Indonesia terpilih pendampingan. Artinya kami sangat bersyukur  sekali dari Belmawa mendapatkan kesempatan emas untuk  didampingi menuju universitas Unggul ini. “ungkap Rektor Uniga ini.

Uniga akan melakukan sejumlah terobosan dalam waktu dekat. Dimana tim dari Dirjen Belmawa akan melakukan monitoring untuk memantau perkembangan yang dicapai Uniga dalam satu dua tahun yang akan datang.

Baca Juga :  Berikut Ketentuan dan Persyaratan SNMPTN 2020

Dalam kesempatan yang sama, Kasubdit Peguatan Mutu Dirjen Belmawa, Dr. Masluhin Hajaz, menyampaikan bahwa pendampingan audit mutu internal merupakan kelanjutan dari program Direktur penjaminan  mutu sebelumnya, yaitu pelatihan audit mutu internal yang salah satunya diikuti oleh dosen Uniga.

“Ini bagian lanjutan dari kegiatan-kegiatan penjaminan mutu sebelumnya. Sebelumnya ada latihan audit internal, salah satunya dosen dari Universitas Gajayana. Audit mutu internal ini berbeda, bukan untuk mencari kesalahan kekurangan tapi untuk menemukan ruang-ruang peningkatan di Uniga.  Setiap prodi pasti punya kelebihan-kelebihan yang harus diangkat. Kalau ada yang belum lurus pelaksanaannya, mudah-mudahan bisa diluruskan tim auditor. ini yang perlu disamakan persepsinya.”papar Masluhin.

“Nanti diakhir program pendampingan audit mutu internal ini akan dikeluarkan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja audit  internal di Uniga. Dengan harapan besarnya  adalah Uniga bisa lebih cepat menuju Institusi Unggul atau Perguruan Tinggi yang Unggul.” pungkas Head of Quality Strenghening Ristekdikti ini. (Rfl)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *