Tips dan Trik Hadapi Hambatan Menulis Jurnal Internasional Ternyata Ini…

Infokampus.news, Malang – Menulis jurnal internasional memang tidak semudah menulis jurnal dengan skala nasional. Banyak hal-hal detail yang perlu diperhatikan dan juga tidak boleh terjadi kesalahan dalam penulisannya.

Hal inilah yang menjadi sorotan dalam ‘Workshop Terbitan Berkala Ilmiah dan Publikasi Internasional’ yang Digelar hari ini (17/1) di Universitas Merdeka Malang (UNMER).

“Publikasi internasional itu semua penulisan harus menggunakan English version. Tapi kan menulis artikel itu beda dengan bahasa Inggris pada umumnya seperti berbicara begitu, ada grammar dan diksi yang harus sesuai dengan pakem. Beberapa aspek kebahasaan itu harus terpenuhi dalam artikel, hal itu yang jadi kendala,” papar Dr. Sary Y S.E., M.M., ketua pelaksana workshop pada wartawan.

Hambatan Menulis Jurnal Internasional Beragam

Selain itu konten dari jurnal itu sendiri juga yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. “Masuk jurnal internasional itu tidak mudah selain seleksi kuantitas, kualitas penulisan jadi pertimbangan juga apa ini bisa masuk, atau butuh revisi hingga di-reject atau tidak,” ungkap dosen yang juga editor jurnal perbankan ini.

Lebih lanjut ia memaparkan dosen di Indonesia kurang menjalin kerja sama penelitian ke luar negeri. Beruntungnya saat ini banyak dosen yang sudah menyadari hal ini dan mulai menjalin kerja sama penelitian.

“Kurang kolaborasi ya, sekarang ini saya rasa tidak ada lagi satu artikel satu penulis. Malah beberapa waktu lalu ada satu artikel itu ada sepuluh orang penulis, sebenarnya bisa hingga seratus juga ada,” ungkapnya. Ia menjelaskan jika semakin banyak penulis dalam sebuah jurnal ilmiah makan tulisan tersebut nantinya akan semakin lebih baik dan komplit.

Meskipun ia juga mengatakan memang tidak ada jurnal yang sepenuhnya bagus. Ada beberapa sisi dan bagian tertentu yang perlu dibenahi oleh editor.

“Untuk itu nanti di sini kita beri tips dan trik dari para reviewer dari Dikti untuk mengatasi hambatan-hambatan ini,” tukasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Keuntungan Ini Bakal Kamu Dapat Jika Diterima di SNMPTN 2018. Disimak, yuk!

Halo Sobat Fokus yang saat ini tengah bergelut dengan doa-doa agar diterima di SNMPTN 2018. Selamat berjuang dan semoga diterima...

Close