Menurunnya Jumlah Pendaftar SNMPTN 2016

Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 Prof Rochmat Wahab mengatakan, berdasarkan rekapitulasi daftar H-1, jumlah sekolah yang mendaftar SNMPTN 2016 mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Menurunnya jumlah pendaftar didasarkan pada adanya kebijakan baru yang diberlakukan pada SNMPTN tahun ini. Menurut Koordinator Humas Pokja Nasional SNMPTN Dr. Bambang Hermanto, M.Si., panitia SNMPTN menerapkan pembatasan jumlah pendaftar pada tiap sekolah. Pembatasan ini disesuaikan dengan akreditasi tiap-tiap sekolah.

Ketentuannya, sekolah yang memiliki akreditasi A memiliki batasan jumlah pendaftar maksimal 75%, sekolah berakreditasi B maksimal jumlah pendaftar 50%, akreditasi C maksimal 20%, dan akreditasi lainnya maksimal 10%. Pendaftar tersebut merupakan siswa yang masuk pada peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, empat, dan lima.

“Tujuan dari pembatasan ini adalah untuk memperoleh kualitas pendaftar yang lebih baik,” kata Dr. Bambang saat diwawancara Humas Unpad via telepon.

Meskipun jumlah pendaftar SNMPTN pada tahun ini menurun, pola tersebut merupakan kebijakan yang efektif. Dengan demikian, SNMPTN pada tahun ini diharapkan dapat memperoleh input yang berkualitas. “Diharapkan hanya siswa terbaiklah yang memilih jalur SNMPTN,” kata dosen Program Studi Administrasi Bisnis FISIP Unpad tersebut.

Jumlah pendaftar SNMPTN tahun ini berkisar 650.000 orang. Menurut Dr. Bambang, siswa lainnya dapat melakukan pendaftaran melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Data-data pendaftar yang masuk, akan terlebih dahulu divalidasi oleh Unpad sebelum diolah. Pengumuman hasil seleksi ini dapat diakses pada 10 Mei 2016 mendatang.

 

Sumber: Dikutip dari beberapa sumber

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pendaftaran Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

Pada tahun ini Polteknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) kembali membuka pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru baik...

Close