Mewujudkan Good Government, Coba Contoh Transparansi Gaji Ala Ahok

Infokampus.news, Malang – Good governance (tata pemerintahan yang baik) hanpir hanya menjadi mimpi bagi masyarakat Indonesia. Persoalan korupsi adalah salah satu kendala utama mewujudkan hal tersebut.

Maraknya korupsi di kalangan pemerintahan mulai pejabat sampai kepala desa, sebagaimana disebut dalam seminar nasional mewujudkan pemerintahan ideal dalam ide dan praksis, Selasa, (4/10/16) membutuhkan solusi untuk pemecahannya. Reza Ahmad Cheema pemateri dalam seminar tersebut mengatakan bahwa pendidikan integritas adalah salah satu solusi mewujudkan good governance yang dimulai dari kalangan perguruan tinggi.

“Pendidikan integritas adalah awal mula good governance,” jelas Co Founder Institute of Integrity ini.

Menurutnya, ada 5 poin integritas yang perlu ditanamkan diantaranya kejujuran, meliputi transparansi anggaran dan akuntabilitas, profesionalisme yakni tertib penyelenggaraan negara, antikorupsi, adil, dan berani. Dalam seminar tersebut, Reza mencontohkan salah satu bentuk mewujudkan good governance salah satunya adalah transparansi seperti yang dilakukan oleh Guberbur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Baca Juga :

“Transparansi gaji, seperti Ahok misalnya. Terlepas itu benar atau salah yang penting transparan. Karena salah satu nilai good governance adalah transparansi,” paparnya.

“Kedua adalah akuntabilititas”, lanjut Reza. Pemerintah legislatif atau DPR wajib melaporkan apa yang sudah dilakukannya baik pertanggung jawaban politik ataupun pertanggungjawaban hukum.

Seminar tersebut dilaksanakan di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya serta menghadirkan tokoh nasional Susno Duadji Mantan Kabareskrim Polri, Ketua DPRD Kabupaten Malang Hari Sasongko, dan Dimas Oky Direktur Eksekutif Akar Rumput Strategic Political Consulting. (luh)

Foto : Galuh – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Daftar Prodi Baru UM Yang Akan Segera Dibuka Tahun Depan!

Setelah melalui beberapa proses tahapan pengajuan Prodi baru, Universitas Negeri Malang telah mendapatkan persetujuan untuk mendirikan 2 dari 14 program...

Close