Peran Komisi Yudisial Dalam Mewujudkan Peradilan Bersih dan Berintegeritas

Infokampus.news, Malang – Universitas Widyagama Malang mengadakan kuliah umum dengan mengangkat tema “Peran Komisi Yudisial Dalam Mewujudkan Peradilan Bersih dan Berintegeritas”.

Dr. Joko Sasmito, SH., MH. anggota Komisi Yudisial ketua bidang pencegahan dan peningkatan kapasitas hakim hadir sebagai pemateri kuliah umum yang digelar di Auditorium Kampus III Universitas Widyagama Malang.

Joko menyiapkan 3 pantun pembuka yang dipersembahkan untuk 100 mahasiswa yang hadir dalam kuliah umum. Dr. Lukman Hakim, SH., MH. hadir sebagai moderator acara.

Joko mengungkapkan jika saat ini KY sudah memiliki pengawas disetiap tempatnya, KY memiliki 1 kantor pusat dan 12 kantor penghubung.

”Di setiap provinsi memerlukan kantor penghubung. Jika belum ada kantor penghubung KY membuat posko dikota – kota yang belum mempunyai kantor penghubung. Nantinya posko – posko itu akan dikembangkan menjadi kantor – kantor penghubung,” ungkapnya.

“Bekerja lebih keras dari yang lain, itu adalah kunci sukses dalam membangun sebuah negara. Tidak perlu kita membandingkan negara kita dengan negara tetangga, cukup kita berusaha memberikan yang terbaik untuk bangsa kita,” paparnya.

Mewujudkan Peradilan Bersih dan Berintegeritas Bukan Sebuah Hal Yang Mudah

KY berusaha memberikan peradilan bagi semua warga negaranya. Tidak hanya kasus – kasus yang ada dipusat, KY berusaha membangun peradilan yang bersih juga pada setiap posko di Kota – kota kecil Indonesia.

Memang belum ada jaminan untuk peradilan yang bersih di Indonesia, tapi KY bekerjasama dengan lembaga KPK sudah berusaha memberikan yang terbaik terhadap kegiatan suap yang ada dikawasan hukum.

“Ini adalah gambaran bagaimana kondisi Lembaga Komisi Yudisial di Indonesia, masih perlu banyak dukungan dan perbaikan. Oleh karena itu KY mengajak semua warga negara untuk kritis dalam menangani kasus sekecil apapun,” tutup Joko. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peran Mahasiswa Dalam Peradilan Indonesia

Semua warga negara sangat berperan penting dalam peradilan negara, khususnya peran mahasiswa dalam peradilan Indonesia sangatlah dibutuhkan.

Close