Miliki Penyakit Langka, Mahasiswa UM Ini Tetap Kebut Lulus

Infokampus.news, Malang – Penyakit langka yang dimiliki Yohana Velisitas Bunga Keraf, atau yang akrab disapa Velis yakni salah satu calon wisudawati Universitas Negeri Malang (UM) bukanlah hambatan untuk menamatkan studinya. Mahasiswa yang hari ini (4/3) resmi lulus dari Jurusan Psikologi UM ini lulus dengan panjang studi 9 semester.

“9 semester, karena sempat cuti satu semester karena sakit.” Tuturnya sambil sedikit tersipu saat ditemui di Gladi Resik wisuda UM 85 (3/3).

Wanita yang berasal dari Pamakayo, Solor Barat, Flores Timur ini nyatanya mampu lulus dengan IPK 3,22. Hal ini tergolong hal yang langka, mengingat gerak tubuhnya sangatlah terbatas.

“Pengennya Sastra Indonesia, tapi ternyata keterima disini.” Tutur wisudawati yang telah tinggal di kota Malang sejak SMP ini.

Penyakit Langka, Mulai Lumpuh Total Secara Bertahap

Penyakit yang ia derita memang tergolong penyakit yang langka, bahkan dokter yang ia telah kunjungi di luar negeri pun tidak banyak memahami tentang penyakitnya ini.

“Jadi ini bertahap, awalnya ya kaki lalu mulai ke tangan tidak bisa gerak. Tidak mati rasa, ya masih bisa menopang negitu tapi tidak bisa gerak. Ternyata namanya astrofi otot.” ungkapnya bercerita

Ia menceritakan sejak SMP hingga SMAK ia telah mengenyam pendidikan di sekolah Baktiluhur. Penyakitnya ini bermula ketika kelas 1 SMA, dan selama itu pula ia hidup dengan bantuan berbagai pihak termasuk teman dan juga asisten pribadinya

“Hingga saat menulis skripsi saya pakai hape, nanti pindah laptop gitu. Tapi untuk mengatasi semua kesulitan dari dulu hingga sekarang saya bersyukur ada teman-teman dan juga asisten pribadi yang membatu banyak sekali.” Tandasnya.

Dengan kisah yang ia bagikan ini, ia berharap para mahasiswa lain yang masih enggan dan malas untuk segera menyelesaikan masa studinya bisa bersegera selagi mampu. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Salah Masuk Jurusan, IPK Mahasiswa UM Ini Nyaris Sempurna!

Agrery Ayu Nadiarenita mahasiswa UM jurusan Bimbingan Konseling yang memiliki IPK nyaris sempurna yakni 3,93, mengaku sangat bersyukur dengan prestasi...

Close