Minat Bekerja di Industri Game? Berikut Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu

INFOKAMPUS.NEWS – Pastinya tak sedikit dari kalian yang merasa bahwa passion kalian adalah game, dan ingin banget buat bisa bekerja di Industri game ataupun E-Sports. Memang perlu diakui industri game sedang sangat berkembang beberapa waktu kebelakang, diikuti dengan meroketnya pamor E-Sports di dunia terutama dikalangan para remaja sekarang pastinya bisa memastikan perkembangan industri game untuk beberapa tahun kedepan.

Nah buat kalian yang mungkin masih bingung nih ingin melanjutkan studi menuju jurusan mana, disini kita udah rangkum 5 jurusan kuliah yang cocok buat kalian yang memang punya minat bekerja di Industri game. Penasaran apa saja ? Langsung kalian baca aja artikel dibawah ini:

Desain Produk

Mungkin kalian jarang mendengar jurusan yang satu ini, sesuai dengan namanya kalian akan belajar bagaimana merumuskan dan membuat desain dari sebuah produk yang pastinya harus memenuhi standar tertentu. Kemampuan kalian akan diasah untuk bisa mengetahui bagaimana membangun sebuah produk yang akan memiliki kualitas terbaik dan diminati pasar.

Nah biasanya lulusan Desain Produk juga dicari oleh para Game Developer untuk menjadi seorang game tester atau sebagai penganalisis produk keluaran terbaru mereka. Dengan kemampuan yang mereka dapatkan selama menjalankan studinya, mereka diharapkan mampu mengetahui apa saja kekurangan-kekurangan dari game atau produk yang sebuah game developer akan keluarkan agar lebih bisa diterima oleh masyarakat secara umum.

Baca Juga :  10 Skill Fresh Graduate yang Harus Dimiliki, Memudahkan Untuk Diterima Kerja

Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro sebenarnya sangatlah cocok bagi kalian yang memang memiliki minat khusus pada barang-barang elektronik dan sifat-sifat yang dimilikinya. Mengingat kalian akan belajar berbagai macam ilmu tentang alat-alat elektronik yang pastinya banyak berhubungan dengan kehidupan sehari-hari kita.

Kenapa jurusan Teknik Elektro bisa berhubungan dengan industri game ? Karena sebenarnya setiap sebuah Perusahaan Game mengeluarkan produk perangkat keras atau hardware, mereka pasti membutuhkan seseorang yang bisa melakukan design serta quality control produk terbarunya tersebut, dan seorang lulusan Teknik Elektro sangat cocok untuk menjadi Console Tester.

Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Sistem Komputer/Teknik Telekomunikasi

Nah salah satu jurusan yang mungkin memang sudah kamu prediksi akan masuk kedalam G-List kali ini. Ke-empat jurusan diatas memang punya bidang ilmu yang saling timpah dan berhubungan. Seluruhnya mempelajari pemrograman namun dengan tingkat penekanan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan lulusannya masing-masing.

Tapi lulusan ke-empat jurusan tersebut memang biasanya dicari oleh Game Developer sebagai penganalisa sistem dari game yang mereka buat, serta cocok menjadi seorang Game Tester juga dengan kemampuannya menganalisa sebuah pemrograman dengan baik dan sangat mungkin bisa mengetahui letak kekurangan dari program game yang akan dirilis mereka

Baca Juga :  5 Rekomendasi Website Freelance Indonesia yang Bisa Kamu Coba, Auto Tambah Cuan!

Ilmu Komunikasi

Banyak pekerjaan yang berhubungan dengan Industri Game dan E-Sports membutuhkan sebuah penulisan yang baik, mulai dari media-media game dan E-Sports, hingga produsen game yang membutuhkan penulisan jalan cerita yang baik. Pekerjaan-pekerjaan itulah yang bisa dikerjakan oleh seorang sarjana Ilmu Komunikasi dalam Industri Game yang sangat luas ini.

Dalam menjalani proses perkualiahan, seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi akan diajari banyak tentang ilmu jurnalistik, strategi komunikasi, manajemen keadaan dan masih banyak lainnya yang akan membuatmu sangat siap untuk terjun langsung kedalam Industri Game ataupun E-Sports yang memang sedang berkembang cukup pesat dalam beberapa waktu kebelakang.

Teknik Industri

Teknik Industri adalah salah satu jurusan yang bisa dibilang favorit dikalangan para lulusan SMA dalam menentukan jurusan kuliah yang akan mereka tempuh. Memang jelas bahwa jurusan yang satu ini akan memberikan pelajaran tentang bagaimana sebuah sistem, proses dan organisasi dapat berjalan dengan baik dalam Industri dari skala kecil sampai besar.

Nah para Game Developer biasanya akan mempekerjakan beberapa lulusan Teknik Industri untuk bisa menganalisis kondisi dari Industri Game secara bertahap selama jangka waktu tertentu. Hal ini penting untuk bisa memastikan bahwa keputusan yang akan mereka ambil kedepannya tepat, dan dapat memberikan dampak baik bagi perusahaannya di Industri Game.

Baca Juga :  Pendaftaran Jalur Mandiri Unesa SPMB Reguler 2022 Masih Dibuka, Bisa Tes dari Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.