Minat Tax Amnesty Pelaku UMKM Rendah, DJP Permudah Syarat Pelaporan Aset

Infokampus.news – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mempermudah bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam proses pelaporan aset. Dalam peraturan yang baru, DJP meringankan syarat bagi pelaku UKM untuk ikut berpartisipasi dalam program tax amnesti atau pengampunan pajak.

“Dirjen memperbolehkan UMKM melaporkan aset pakai tulisan tangan, otomatis tugas perpajakan bertambah karena nanti orang pajak yang akan menginputkan data,” kata Kepala Kanwil Jatim III DJP Dr. Ir. Rudy G. Bastari,MM,M.Tax, M.Acc saat press conference di Fakultas Ilmu Administasi (FIA) UB, Rabu, 6 Oktober 2016.

Dalam diskusi Tax Amnesty dengan civitas akademika UB tersebut, Rudy juga menyampaikan bahwa jumlah pelaku UKM yang mengikuti program Tax Amnesty cenderung sedikit. Pelaku UMKM yang wajib ikut Tax Amnesty (TA) adalah mereka yang memiliki penghasilan Rp 4,8 Miliar setahun.

Baca Juga :

“Di DJP Kanwil Jatim III sebanyak 72.894 OP UMKM yang ikut baru 5000, sedangkan badan UMKM yang berjumlah 12.625 yang ikut TA hanyan 870. Sedangkan target untuk tahun ini khusus Kanwil Jatim III senilai Rp 165 Triliun,” jelasnya.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi Tax Amnesty kepada para pelaku UMKM, melakukan himbauan melalui database pelaku UMKM, termasuk melakukan pendekatan ke dalam asosiasi atau perhimpunan UMKM di suatu daerah. Sama halnya yang dilakukan untuk para konglomerat, pengawasan, sosialiasi, dan pendekatan untuk dapat mengembalikan kekayaannya dari luar negeri di Indonesia. Mengingat, pajak adalah sektor terbesar penyumbang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk kepentingan pembangunan, infrastruktur, maupun sarana publik lain. (gpl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Alat Karya Mahasiswa UNY Ini Bisa Ubah Udara di Sekitar Menjadi Bersih, Intip Yuk!

Dengan menggunakan alat karya mahasiswa uny ini, udara yang berpolutan akan diserap dan sudah berkurang kadar polusinya.

Close