Miris, Indonesia Tahun 2020 Sama Dengan Korea Selatan 2014!

Infokampus.news, Malang – Ternyata perkembangan Riset Indonesia tahun 2020 sama dengan Korea Selatan di tahun 2014 silam. Hal itulah yang disampaikan dalam acara “Workshop Strategi Meraih Dana Riset dan Pengabdian Masyarakat Untuk Meningkatkan Kinerja Dosen” yang digelar di Universitas Islam Malang (UNISMA) oleh narasumber Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Ristekdikti, Prof. Ocky Karna Radjasa, Ph.D.

Menurutnya, ia menyampaikan hal tersebut pada para dosen UNISMA sebagai pemacu semangat agar mereka terus menghasilkan karya yang mampu mengangkat citra Indonesia.

“Indonesia tahun 2020 itu sama dengan Korea Selatan 2014. Kalau saya tidak sampaikan hal ini nanti anda tidak berkembang hanya stuck disitu saja, mikir kalau alhamdulillah saya sudah bisa jadi dosen saja sudah lega. Padahal tidak hanya itu agar Indonesia maju,” Tukasnya.

Mirisnya Kondisi Indonesia Tahun 2020 Bisa di Boost Jika Semua Elemen Bekerja Keras

Melihat kondisi riset Indonesia yang menurun dari tahun ke tahun yang semakin menurun, negara selalu berupaya untuk mendorong para dosen mengeluarkan jurnal terus menerus.

“Terlalu banyak reformasi memang tapi menurut saya sudah saatnya karena kinerja indonesia terus menurun. Awalnya kita 2014 ada di peringkat 34 dari 144 negara turun lagi ke angka 37 pada 2015 lalu turun lagi 2016,” tambah dia.

Namun sebenarnya kondisi ini bisa diselamatkan jika seluruh elemen yang ada mau bekerja keras mengejar ketertinggalan Indonesia di kancah dunia.

“Sebenarnya ini bisa diselamatkan, setidaknya ya sama dengan Korea Selatan saat ini lah, lha kalau 2014 kan sudah terlewat jauh. Tapi itu butuh kerja keras dari para dosen, guru besar dan semuanya untuk terus meningkatkan penelitian kita.”  Tutupnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Asesor Buktikan SMK PIM Layak Pertahankan Akreditasi A

Dua orang tim asesor datang ke Jl Barito No. 5 untuk menilik tentang akreditasi A yang dimiliki oleh SMK PIM.

Close