Mix Fruit Karya Mahasiwi ITN Malang Raih Juara Dua Lomba Poster PKM Host UM

Infokampus.news – Minuman karya Mahasiswi ITN Malang yang bernama “Mister Mix Fruit Tebu Pipa california” ini kaya akan vitamin C dan antioksidan. Mix Fruit ini berhasil meraih juara dua lomba poster PKM Host Universitas Negeri Malang (UM).

Mahasiswi teknik kimia ini juga menjelaskan proses pembuatan dari bahan baku hingga menghasilkan serbuk instan yang siap dijadikan minuman. Pertama, labu kuning dikukus kemudian dicampur dengan semua bahan tadi. Kemudian dihancurkan dan ditambah tween 80, dextrin, dan sukrosa. Setelah tercampur baru di mixer hingga menghasilkan busa, nah busa inilah yang kemudian menjelma sebagai serbuka instan.

“kami menggunakan metode foam mat drying, sehingga menghasilkan busa yang banyak. Buah-buahan ini dipilih karena kami ingin mengolah menjadi minuman serbuk instan yang kaya akan akndungan antioksidan,” tutur Rovita Ika A, salah satu anggota tim yang mengungkapkan rasa penasarannya terhadap kandungan buah-buahan.

Busa tersebut kemudian diambil dan dikeringkan dalam cabinet dryer sengan suhu 55 derajat selama kurang lebih enam jam dan jadilah serbuk instan yang bisa digunakan sebagai minuman yang bisa discampur dengan air dingin atau hangat. Kalau ditanya soal rasanya manis dan tanpa bahan pengawet serta lolo dalam uji organoleptik hedronik loh!

Hasil riset Mahasiswi Teknik Kimia ITN malang ini tertuang dalam proposal PKM yang lolos didanai Dikti dan berhasil emmbawa Rovita ditemani oleh dua rekannya yakni Azmi Mufiidha dan Ismiatul Mahmudah meraih juara II lomba poster monev PKM Host Universitas Negeri Malang.

Azmii Mufiidah ketua tim menjelaskan, pembuatan poster tersebut terinspirasi dari kajian searching di internet. Kemudian dikombinasikan dengan tema dari proposal, dengan memakai warna dominasi oranye yang diambil dari warna produk. Agar lebih menarik mahasiswa Teknik Kimia ini juga menambahkan animasi koki yang sedang memegang produk makanan. Azmi biasa disapa juga dijelaskan tentang alur dan proses pembuatan makanan. “Kami ibaratkan, koki tersebut adalah kami yang sedang memegang produk,” katanya. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Atlit Asean Games 2018
Mahasiwa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Lolos Seleksi Atlit Asean Games 2018

Infokampus.news – Salah satu mahasiwa Uin Maulana Malik Ibrahim Malang mewakili Indonesia  yang lolos seleksi dalam cabang olahraga jujitsu di

Close