Optimalkan MoU, HMJA FE UWG Malang Bertandang ke Pacitan

Infokampus.news – Dilepas oleh Wakil Rektor lll Universitas Widyagama (UWG) Malang, Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT, Minggu (13/5) malam, keluarga besar Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Widyagama (HMJA FE UWG) Malang bertolak ke Pacitan. Kunjungan yang dikemas dengan tajuk Kuliah Lapang untuk mata kuliah Akuntansi Sektor Publik ini menyasar Bappeda Kabupaten Pacitan.

Pukul 08.00 esok harinya rombongan yang terdiri dari 50 orang dosen dan mahasiswa ini menuju Bappeda Kab. Pacitan dan disambut hangat oleh Kepala Bappeda Ir. Heru Widodo, SP, MSi.

Heru Widodo mengapresiasi kunjungan UWG ke Bappeda dan dengan antusias mempromosikan wisata di wilayahnya. “Belum ke Pacitan kalau belum ke Pantai Klayar,” demikian ujarnya.

Kaprodi Akuntansi Dr. Ana Sopanah dalam sambutan maksud dan kunjungannya menyampaikan bahwa tujuan kuliah lapang ini adalah memberikan pemahaman nyata kepada para mahasiswa tentang proses penganggaran yang dilakukan oleh pemerintah daerah, langsung dari sumbernya. “Bappeda Kabupaten Pacitan menjadi target kunjungan kami karena sebelumnya sudah ada MoU antara Kabupaten Pacitan dengan Universitas Widyagama Malang. Ini adalah wujud nyata implementasi MoU,” imbuh Ana.

Kuliah Umum disampaikan oleh Kabid Perencanaan Penganggaran Bappeda Kabupaten Pacitan. “Proses perencanaan dimulai dari penyusunan RKPD sesuai dengan Ps 261 UU 23 tahun 2014. Di sinilah pelibatan seluruh komponen masyarakat dalam proses pengganggaran dilaksanakan, “Demikian antara lain isi presentasi Basuki, Kabid Perencanaan Penganggaran Bappeda Kab. Pacitan.

Pertanyaan menarik yang diajukan oleh Ketua HMJA FE UWG Indah Wahyuni tentang siapa saja yang terlibat di musrenbang kabupaten sebagai bentuk keterlibatan masyarakat, dijawab dengan gamblang oleh Basuki. “Yang hadir pada musrenbang kabupaten adalah Pemerintah Daerah, LSM, organisasi-organisasi masyarakat, karang taruna, dan Pemerintah Provinsi,” demikian antara lain penjelasannya.

Kuliah lapang berlangsung sangat interaktif dan atraktif. Acara diakhiri dengan penyerahan cenderamata oleh kedua belah pihak. (rh/sig)

Berita Terkait

  • Setelah mendapatkan sosialisasi Panduan Edisi Xll Pengajuan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, esoknya Kamis 5 April 2018, LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UWG kembali
  • Infokampus.news - Gadis mungil mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang (UWG), putri kedua pasangan Zahrul Anam Wahyudi dan Emi Sulasmi Chotib ini bercita-cita jadi wirausahawan. Hibah PKM-K ini sangat disyukuri sebagai modal awal usahanya. "Alhamdulillah...," ucapnya penuh rasa syukur saat mengetahui kabar penerimaan PKM-K. "Pintu memulai usaha sudah terbuka," demikian ucapnya. Ade Brilianni Agustia, adalah satu di antara tujuh penerima hibah Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) pendanaan…
  • Infokampus.news - Memperkuat jejaring menjadi bagian dari kebutuhan sebuah lembaga agar eksistensinya di masyarakat tetap terjaga dan semakin meningkat. Untuk memperkuat jejaring ini, salah satunya dapat dilakukan dengan menindaklanjuti MoU yang pernah ditandatangani bersama seperti yang kembali dilakukan oleh Fakultas Pertanian UWG ini. Untuk kesekian kalinya, Fakultas Pertanian Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang menjadi rujukan bagi Fakultas Pertanian lain dari beberapa PTS. Setelah UNIM Mojokerto, kali ini FP Universitas Panca…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Seleksi Mandiri UNDIP 2018
Yuk Intip Informasi Pendaftaran Seleksi Mandiri UNDIP 2018

Infokampus.news - Untuk kalian Sobat FoKus yang ingin melanjutkan pendidikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), UNDIP alias Universitas Diponegoro adalah satu

Close