Tips Mudik Pantura, Cocok Bagi Mahasiswa yang Menggunakan Kendaraan Pribadi

Infokampus.news – Lebaran sebentar lagi hanya tinggal menghitung hari, Banyak orang yang memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi karena tergolong hemat. Agar perjalananmu lancar dan nyaman, Berikut akan dijelaskan beberapa tips mudik bagi kamu mahasiswa yang menggunakan kendaraan pribadi.

Mudik merupakan momen yang ditunggu-tunggu saat lebaran, kemacetan diperkirakan akan terjadi dimana-mana masyrakat Indonesia meninggalkan tempat asal untuk kembali ke kampung halaman. persiapan mudik yang dilakukan jauh hari merupakan hal yang tepat.

  1. Persiapkan Budget Keuangan

Ini salah satu yang paling penting yang perlu disiapkan sebelum memulai perjalanan mudik yaitu budget atau masalah keuangan. Karena kamu perlu mengatur total pengeluaran selama berangkat dan pulang mudik dari kampung halaman seperti pengeluaran pembelian bensin, makanan serta oleh-oleh untuk keluarga yang berada di kampung halaman. Supaya besar pengeluaran tidak membengkak, maka dari itu perlu dirancang besar pengeluaran yang akan dikeluarkan supaya tidak menguras kantongmu terlalu dalam.

 

  1. Buat daftar barang bawaan

Sebelum melakukan perjalanan, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa oleh kamu ke dalam kendaraan pribadi kamu. Daftar barang tersebut berguna untuk meminimalisasi kemunginan lupa, ini cocok untuk sobat Fokus yang pelupa ya hehe. Selian itu, hal tersebut penting karena mengatur prioritas barang yang akan kamu bawa.

  1. Cek Kondisi Kendaraan

Apabila sudah menyiapkan budget keuangan dan barang bawaan, kini tiba saaatnya kamu harus mengecek kondisi kendaraan pribadi. Periksa oli mesin, busi, dan bawa air radiator untuk menjaga kendaraan bebas masalah. Bila dirasa kondiisinya masih kurang bagus, lebih baik membawa kendaraan kamu ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh.

 

  1. Bawa Perlengkapan Kendaraan

Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan kamu tersedia, hal tersebut sangat penting untuk menghindari konidisi darurat, dimana tidak ada bengkel tiba tiba di suatu daerah, atau bahkan terkendala di tengah hutan yang tidak ada pemukiman terdekat, kamu bisa siapkan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan hal lainnya yang sangat penting, jadi jangan lupa dibawa ya Sobat FoKus!

 

  1. Siapkan Stamina Tubuh!

Jika semua dirasa sudah lengkap, jangan lupa kesehatan kamu itu sangat penting. Badan yang sehat diperlukan untuk pengemudi kendaraan saat mudik, karena perjalanan yang dilakukan sangat jauh, kamu perlu menjaga kondisi badan tetap sehatr. Rasa kantuk yang menyerang dapat menghambat perjalanan dan membahayakan keselamatan  penumpang, sebaiknya kamu tidak perlu memaksakan melanjutkan perjalanan, beristirahtlah karena keluargamu menunggu kledatanganmu di rumah.

 

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
mudik lebaran
Ini Dia 5 Hal yang Kamu Siapkan Sebelum Mudik Lebaran!

Wah, Liburan sudah mulai tiba ya, saatnya Sobat FoKus untuk kembali ke daerah asal masing-masing. Nah ada beberapa hal yang

Close