Ternyata Musik Klasik Bisa Bikin Rasa Makanan Makin Greget Lho!

Infokampus.news, Malang – Musik klasik selain bisa menenangkan ternyata juga membuat rasa tertentu pada makanan semakin lebih menonjol. Hal ini diungkapkan oleh Kiki Fibrianto S.P., M.Phil., Ph.D., anggota dari tim dosen peneliti, yang mencontohkan coklat sebagai objek penelitiannya.

“Kita bisa persepsikan coklat misalnya, rasa pahit dan rasa penting lainnya misalnya rasa panggang itu bisa lebih intens ketika ada musik. Saat itu kami gunakan musik Mozart, dan beberapa musik klasik Eropa lain,” ujarnya saat ditemui wartawan.

Sementara ini pihaknya masih menggunakan musik klasik sebagai bahan uji coba penelitiannya. “Sebenarnya harapan ke depan kami ingin kaji dampak musik tradisional terhadap persepsi seseorang saat makan makanan tradisional kita,” imbuh Sekretaris Jurusan THP FTP UB ini.

Musik Klasik Bisa Bikin Persepsi dan Ekspektasi Seseorang Terhadap Makanan Berbeda-beda

Awalnya pihaknya terinspirasi dari penelitian di Eropa yang meneliti dampak musik saat mereka tengah mengkonsumsi minuman beralkohol. “Seperti wine dengan musik tertentu, kok mereka bisa merasakan yang tidak dirasakan oleh orang lain. Ada beberapa, tapi orang barat lebih teliti ke minuman beralkohol. Nah, kita teliti lebih lanjut gitu,” papar dosen yang mengambil gelar master dan doktornya di Australia ini.

Ia ingin dengan penelitiannya ini para pemilik restoran di Indonesia memanfaatkan temuan ini untuk menjamu pelanggan sesuai dengan cita rasa tertentu yang ingin mereka berikan.

“Kalau bicara praktis kalau kita makan di resto (restoran, red) mungkin ke depan kita bisa intensifkan rasa yang akan ditonjolkan pada menu unggulan. Jadi tempat makan bisa dengan kombinasikan musik-musik tertentu, sekarang yang diperhatikan tidak hanya bagaimana olah makanan yang enak saja tapi juga lingkungan yang pas untuk makan,” tutupnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Untuk Mahasiswa Pertanian, Abaikan Pertanyaan “Kuliah Pertanian Jadi Apa?”. Mari Tunjukkan Keasyikan yang Hanya Milik Kita

Dan tentunya keputusan tersebut Beberapa nggapan yang umum yang sering seliweran seperti "Ngapain kuliah komunikasi? Nggak bisa ngomong?", "Kuliah sastra...

Close