Musuh Besar Dunia, Mahasiswa Juga Harus Pahami Terorisme Hingga ke Akar Agar Tidak ‘Terjebak’

Infokampus.news, Malang – Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terorisme adalah pahami terorisme hingga ke akar permasalahannya. Hal ini diungkapkan oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang (UB), Dr. Rachmad Safa’at, S.H., M., saat menyampaikan sambutannya dalam Seminar Nasional Fakultas Hukum UB pagi ini di Gedung A Fakultas Hukum UB (12/10).

“Kita dihadapkan dengan isu terorisme yang juga ada di Indonesia ini, dan kita dihadapkan dengan bagaimana cara penanggulangannya. Namun begitu kita juga harus tau tata sebabnya hingga ke pokok,” papar Rachmad.

Menurutnya jika masyarakat maupun para aparatur negara salah dalam menanggulangi terorisme ini makan justru hal ini akan menghantam Indonesia sendiri.

“Sekarang masalahnya kalau di penjara teroris ini bukan diperangi karena apa kedok mereka membawa agama, bukan diperangi justru dia malah merekrut calon teroris baru. Berapa banyak sudah napi yang ‘lulus’ lapas malah jadi teroris?” tambahnya kemudian.

Pahami Terorisme dan Penanggulangan Bukan Hanya Peran Polisi dan TNI, Masyarakat Luas Harus Paham

Untuk itulah menanggulangi terorisme merupakan pekerjaan besar bangsa Indonesia bukan hanya aparat negara. Dalam acara ini Prof. Dr Irfan Idris M.A., menyebut masyarakat harus turut andil, tidak terkecuali mahasiswa.

“Terorisme bukan tugas polisi, TNI atau lainnya saja tapi semua elemen bangsa juga. Tidak akan selesai masalah kalau lapas penuh, napi mau ditaruh di mana lagi,” ungkapnya.

Mahasiswa juga harus sadar bahwa terorisme ini merupakan alat sekelompok pihak dengan tujuan tertentu.

“Beragam bisa politik, kekuasaan, uang macam-macam, jadi sebagai mahasiswa harus mampu berpikir logis, sistematis dan kritis jika bersinggungan dengan paham ini. Mudah sekali tergelincir dengan paham ini,” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Asah Kemampuan Menulis, UKM Penulis UM Gelar Pameran Karya Terbaik

UKM Penulis Universitas Negeri Malang (UM) menggelar pameran karya dan bazaar buku yang digelar di Sasana Budaya hingga Jum'at (13/10)...

Close