Naik Peringkat 5 Versi KEMENRISTEKDIKTI, ITS Jadi Perguruan Tinggi Terbaik di Jawa Timur

Infokampus.news – Momentum peringatan Hari kemerdekaan Indonesia ke-72 yang jatuh pada, tanggal 17 Agustus 2017 Kemarin terasa lebih istimewa bagi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Hal itu karena Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) mengumumkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia Tahun 2017. untuk tahun ini, ITS mengalami peningkatan dengan berada pada klaster pertama dan berhasil meraih poin 3,23 serta menduduki peringkat kelima.

Menanggapi hal tersebut, Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana, MSc ES PhD, mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam pencapaian ITS kali ini. Ia juga berpesan, prestasi ini merupakan amanah dan tantangan untuk mampu menunjukan bahwa ITS pantas untuk menyandang gelar sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik.

“Mari kita buktikan dengan prestasi,” Ungkapnya seperti dilansir dalam Laman ITS

Ini Aspek Yang Membuat Peringkat ITS Naik

Kriteria penilaian dari pemeringkatan tahun ini pun didasarkan atas empat aspek, yaitu Sumber Daya Manusia(SDM) dengan bobot 30 persen, kelembagaan 28 persen, kemahasiswaan 12 persen, serta Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 30 persen. Dalam aspek SDM, ITS menempati peringkat ke delapan. SDM yang dimaksud menitikberatkan pada Presentasi dosen S3, Presentase dosen dalam jabatan lector kepala dan guru besar.

Sedangkan aspek kelembagaan meliputi akreditasi Institusi, akreditasi program studi BAN-PT, jumlah program studi terakreditasi Internasional , dan jumlah mahasiswa asing. Dalam hal ini, ITS meraih peringkat ke lima Selanjutnya, ada aspek kemahasiswaan yang mendapat peringkat ke empat meliputi kinerja kemahasiswaan. Terakhir adalah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menitik beratkan pada kinerja penelitian, kinerja pengabdian kepada masyarakat, dan jumlah artikel ilmiah terindeks per jumlah dosen. Di aspek ini ITS mendapat peringkat ke enam.

Tahun ini, ada beberapa perubahan terkait dengan klasterisasi. Contohnya adalah pembagian perguruan tinggi menjadi dua, yaitu politeknik dan non politeknik, perubahan indikator, dan perubahan bobot dalam beberapa komponen utama. Untuk tahun ini sendiriPeringkat ITS mengalami kenaikan dari tahun lalu. Setelah sebelumnya dikalahkan oleh Universitas Brawijaya kini ITS kembali pada peringkat kelima.
“Hal ini mengantarkan ITS menjadi perguruan tinggi terbaik di Jawa Timur,” Pungkasnya. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dr. Eng. Leny Yuliati, M.Eng, Dosen dan Peneliti Ma Chung Tempati Top 50 Authors Science and Technology Index versi Kemenristekdikti

Dosen Universitas Ma Chung Dr. Eng. Leny Yuliati, M.Eng yang juga peneliti PUI berhasil menempati peringkat ke-45 dalam Top 50...

Close