Navien Wanda Mashuda dan M. Fazdol Raih Beasiswa STIKI Malang Lewat SBL

INFOKAMPUS.NEWS – Sobat Fokus yang hobi bermain basket ada info menarik,nih.  STIKI Malang memiliki Program Beasiswa lewat Prestasi Olahraga yang salah satunya dapat diraih lewat ajang STIKI Basketball League (SBL). Melalui SBL ini, siswa SMA/ SMK yang berprestasi di ajang tersebut memiliki peluang mendapatkan beasiswa Olahraga dari Kampus Elang Malang ini.

Hal tersebut yang telah dialami oleh dua mahasiswa STIKI Malang, yaitu Navien Wanda Mashuda dan Muhammad Fazdol.

Navien yang sekarang telah menjadi Ketua UKM BYTE STIKI Malang dan Ketua Panitia SBL 2020 ini menceritakan bagaimana akhirnya ia berhasil menjadi salah satu siswa yang meraih beasiswa Olahraga STIKI Malang ini.

“Kebetulan saya ikut pertama SMA tahun 2015 saya  pertama kali ikut. Tahun 2015 dan tahun 2016 dapat juara 1 terus. (saya) termasuk siswa yang mendapatkan Beasiswa Olahraga tersebut,” ungkap Navien saat diwawancarai oleh Tim infokampus.news.

Ayah Nazien bekerja wiraswasta sebagai pegawai di bidang peternakan sedangkan ibu buka usaha usus crispy. “Di keluarga tidak ada yang terjun di dunia IT, akhirnya didukung orang tua, dari orang tua saat saya tanyain ini,  karena nanti di masa depan semua itu pasti (butuh) teknologi informasi,” ungkap pria kelahiran dan berasal dari Tulungagung ini.

Baca Juga :  7 Tips Lolos Beasiswa LPDP yang Wajib Diketahui, Buka Peluang Lolos!

“jadi saya berpikir ulang, bener juga katanya. Sekarang aja udah kayak gini, kan teknologi  yang  ada di Indonesia, apalagi yang di luar negeri,” tambah alumni  SMA 3 Blitar ini.

“Dulu, orang tua inginnya (saya) kuliah dibidang IT. Kebetulan waktu ikut STIKI yang tahun 2017, lalu ada penyeleksian tadi, ternyata nama saya ada disitu. Kalau ibu maunya ini, kebetulan ada, yaudah saya ambil,’ papar anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Sedangkan, menurut Ayah Fazdol yang bekerja sebagai Sopir dan Ibu Fazdol berdagang di rumah, teknologi informasi dewasa ini lebih diperlukan dalam dunia kerja.  “Kalau teknologi informasi lebih dibutuhkan. Saya memang ingin kuliah di TI,” ungkap Fazdol.

Sebenarnya Navien dan Fazdol sempat mendapat berbagai penawaran beasiswa dari berbagai kampus berkat prestasi yang mereka raih saat itu. “Dulu pernah ditawari UM, beasiswa semester satu dan dua. Juga Ma Chung, akhirnya memilih STIKI karena beasiswa beda beda. Pernah ditawari di UM karena pernah ikut lomba di UM juara satu. Terus kita di Ma chung dapat juara dua. Kita berhasil mengalahkan SMA Sindwi Surabaya, penguasa basketnya Jawa Timur waktu itu,” jelas Fazdol.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks, Atasi Kelelahan Hingga Jaga Imunitas Tubuh!

Saat memenangkan juara 1, mereka sempat mendapat penawaran untuk masuk di salah satu kampus di Malang dengan fasilitas beasiswa free SPP semester 1 dan uang  gedung. Selain itu, Fazdol yang asli Blitar ini juga pernah ditawari beasiswa di UNS. Namun tidak diperbolehkan oarng tua karena terlalu jauh.

STIKI Basketball League 2020

SBL rutin diadakan setiap tahunnya,. Pada tahun 2020,  STIKI Basketball League (SBL) sudah sampai pada ajang tahun ke-10 yang tepatnya sudah dilaksanakan   mulai 25 Januari 2020 hingga 22 Februari 2020 di Sporthall STIKI Malang.

“untuk tahun ini, tahun ke-10. Tujuan utamanya tadi mencari bibit, terus untuk yang kedua, meningkatkan kompetitifnya antar SMA Basket khususnya di Kota Malang. Awalnya dulu cuma Kota Malang, Kota Malang kita anggap baik, lalu kita melebarkan ke Jawa Timur.

“Sebenarnya acara ini tujuan utamanya itu membuat kita mencari bibit-bibit pemain basket dari sekolah SMA, SMK  se- Jawa Timur. dan Nantinya bisa kita pantau, nanti kalau menurut kita baik,  bisa masuk ke STIKI dengan beasiswa olahraga,” jelas Navien.

“kalau untuk persyaratannya (Beasiswa Olahraga STIKI Malang), kita dari tahun kemarin itu ada Akta Kelahiran asli, terus Kartu Siswanya itu, dari SMAnya itu. Lalu ada raport terkahir itu nanti kita cek nilainya dia dari semester 1 sampai kelas 3. Selain itu, surat Rekomendasi dari sekolah.”paparnya.

Baca Juga :  Manfaat Vitamin C 500mg Untuk Tubuh, Menjaga Daya Tahan Tubuh!

“Pemilihan siswa yang mendapat beasiswa olahraga lewat jalur SBL adalah kewenangan Coach dari STIKI Malang. “Jadi coachnya butuh berapa. (kami) rekomendasikan ini, nama-nama dari panitia yang menurut kita itu bagus dan bisa masuk ke STIKI. Nanti Coachnya menyeleksi, nah itu tergantung kebutuhan kita sendiri,” jelas Navien.

“Sistem Perlombaan namanya sistem setengah kompetisi, jadi ada penyisihan itu, itu grup. jadi satu grup. Kalau timputra itu dibagi empat tim, kalau tim putri 3 tim setelah dia lolos dari grup nanti dia akan ada  babak enam belas besar. Setelah itu lolos ke 8 besar. Empat besar,  dan sampai akhirnya final.  “Juara itu  kita ada uang pembinan, Trophy sama sertifikat,” jelas Navien.

Sedangkan, Jumlah peserta SBL 2020 terdapat 31 tim putra dan 24 tim putri. Ajang yang diikuti oleh SMA dan SMK dari kota Malang, Pasuruan, Blitar , Tulung agung dan daerah lain di Jawa Timur ini  akhirnya dimenangkan oleh SMA 8 Malang untuk Kategori Putra, dan SMA KAlbertus untuk Kategori Putri.  (Rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published.