Nilai UTBK Sudah diumumkan, Ini Syarat dan Cara Mendaftar SBMPTN 2019

Infokampus.news –  Hasil UTBK untuk sesi 1 yakni dimulai pada tanggal 13 April 2019 sudah diumumkan secara langsung kepada peserta sesuai jadwal yakni 10 hari selepas mengikuti ujian, tepat pada hari ini 23 April 2019. Peserta sudah dapat melihat hasil UTBK pada laman https://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id sejak pukul 10.00 WIB dengan menggunakan username dan password yang dipakai saat pendaftaran UTBK.

Selanjutnya hasil tes UTBK tersebut digunakan dan menjadi syarat untuk mendaftar SBMPTN yang akan dimulai pada tanggal 10-24 Juni 2019.Dari jumlah peserta UTBK gelombang pertama tersebut yang mengikuti kelompok ujian Saintek sebanyak 374.641 peserta dan kelompok ujian Soshum sebanyak 323.864 peserta.  Sedangkan berdasar status, peserta ikut UTBK gelombang pertama terdiri dari 516.927 peserta reguler dan 181.578 peserta Bidikmisi. Sebanyak 29.297 ruang di 73 PTN Pusat UTBK telah digunakan untuk gelombang pertama ini.

Menristekdikti menyatakan peserta UTBK diharapkan dapat belajar dari tes pertamanya di UTBK untuk mencoba lagi pada tes kedua, apabila dia merasa belum maksimal di tes pertama. “Kalau dia pada saat tes, nilainya dirasa kurang yakin, dia diberikan kesempatan lagi untuk tes kembali. Dua kali dia bisa melakukan tes ini,”.

Baca Juga :  Lima Prodi Soshum dengan Peminat Terbanyak SBMPTN 2019

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dilakukan dalam dua tahap, yaitu mengikuti UTBK dan mendaftar SBMPTN. Persyaratan pendaftaran SBMPTN  2019 adalah siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah.

Bagi siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.

Pendaftar juga harus memiliki Nilai UTBK dan tidak lulus SNMPTN 2019. Selain itu memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi, dan memiliki nomor induk siswa nasional. Khusus bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan cara mengisi biodata, kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019.

Memilih perguruan tinggi negeri (PTN) dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Mengunggah borang portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id

Baca Juga :  Gagal SBMPTN? 5 Cara ini Bantu Kamu Kejar Impian di Perguruan Tinggi Favorit

Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.  Pendaftar akan diseleksi berdasarkan nilai UTBK dan portofolio bagi pendaftar di jurusan seni dan olahraga. Tidak seperti pendaftaran di SMA atau SMP Negeri, yaitu pesertanya bisa pindah ke sekolah lain jika nilainya tergusur, pendaftar SBMPTN 2019 tinggal menunggu apakah nilanya lolos di PTN pilihannya. Selmat Berjuang Sobat FoKus! (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *