Obati Karies Gigi dan Gigi Berlubang, Ratusan Mahasiswa FKG UI Kerja Sosial di Bangka Belitung

Infokampus.news – Sebanyak 110 mahasiswa dan 30 dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) menggelar kegiatan social bertajuk Kerja Sosial (Kersos) FKG UI 2016 “Bersatu Mengabdi Sehatkan Negeri”. Kersos FKG UI ini berlangsung selama seminggu sejak 24 Juli hingga 30 Juli 2016 di empat desa di provinsi Bangka Belitung.

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama BEM FKG UI, ICDE (Integrated Continuing Dental Education) FKG UI serta Persatuan Dokter Gigi Indonesia cabang Bangka dan Belitung ini dilaksanakan di empat titik pelayanan yaitu Desa Sarangmandi, Kecamatan Sungai selan, Kabupaten Bangka Tengah ; Desa Bencah, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan ; Desa Keciput Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung dan Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Kegiatan ini diisi dengan pelayanan kesehatan berupa Pengobatan Gigi dan Mulut dengan target 1.000 orang dewasa dan anak ; Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut serta Kesehatan Umum dengan sasaran 1.000 anak dan 400 dewasa serta Sirkumsisi atau sunat dengan target 100 orang anak dan Seminar Kedokteran Gigi.

“Kegiatan ini dilatarbelakangi atas bentuk kepedulian para mahasiswa FKG UI akan permasalahan penyakit gigi dan mulut yang terjadi di masyarakat seperti karies gigi dan gigi berlubang. Lebih lanjut, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan prevalensi masalah penyakit gigi dan mulut di Indonesia meningkat dari 23,2% pada tahun 2007 menjadi 25,9% pada tahun 2013.”

Sedangkan pemilihan Bangka Belitung didasarkan pada Riskesdas 2013 yang menyatakan bahwa Indeks DMFT atau Tingkat Kerusakan Gigi Provinsi Bangka Belitung adalah 8,5 atau ± 9 gigi per orang mengalami kerusakan, dimana indeks tersebut adalah angka tertinggi di Indonesia. Selain itu, jumlah tenaga kesehatan Dokter Gigi di provinsi ini belum mencapai target indikator Indonesia Sehat. Rasio Dokter Gigi yang melayani di Bangka Belitung hanya 5 dokter gigi per 100.000 penduduk dimana idealnya adalah 11 dokter gigi per 100.000 penduduk.

Mahasiswa FKG UI Kerja Sosial

Dekan FKG UI Dr. Yosi Kusuma Eriwati, drg. M.Si. menyampaikan “Diharapkan upaya yang dilakukan oleh para mahasiswa dan dosen FKG UI ini dapat membawa perubahan lebih baik pada kesehatan gigi dan mulut masyarakat Bangka Belitung. Selain itu, terjadi keberlanjutan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut di tengah-tengah masyararat sejak dini.” Yosi menambahkan bahwa dirinya sangat mendukung pelaksanaan Kersos 2016 karena sejalan dengan misi FKG UI untuk menghasilkan dan mengamalkan karya penelitian teknologi kedokteran gigi dan mewujudnyatakan pelayanan kedokteran gigi yang berkualitas. Temuan-temuan terkait kesehatan dan permasalahan gigi dan mulut di lapangan juga akan disampaikan kepada pemerintah daerah guna memperoleh penanganan yang berkesinambungan.

Baca Juga :

Ketua Kersos FKG UI 2016 Luluk Latifa Ayu Leonita menyampaikan “Pelaksanaan sampai hari ini (27/7) cukup lancar dan antusiasme masyarakat setempat sangat baik. Mereka beramai-ramai menghadiri lokasi pengobatan gratis dan seminar kesehatan. Sejauh ini, pelaksanaan di Kabupaten Bangka Tengah telah melampaui target dan ketersediaan obat-obatan masih cukup memadai. Masyarakat memperoleh tindakan cabut, tambal dan pre-medikasi atau perawatan. Tindakan dilakukan langsung oleh mahasiswa FKG UI yang tengah menjalani pendidikan profesi dan diawasi oleh para dosen. Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar hingga penutupan pada 29 Juli 2016 dan dapat memberikan manfaat dan berdampak jangka panjang bagi masyarakat.”

Kersos FKG UI merupakan bentuk kontribusi aktif sivitas akademika FKG UI bagi masyarakat Indonesia. Kegiatan ini telah terlaksana sejak 20 tahun yang lalu dan dijalankan secara berkala setiap dua tahun sekali. Kersos FKG UI menyediakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut untuk daerah-daerah di Indonesia yang memerlukan bantuan dalam bidang pelayanan kesehatan gigi dan mulut, khususnya di luar Pulau Jawa. Sebelum provinsi Bangka Belitung, Kersos FKG UI telah dilaksanakan di kota-kota lainnya di Indonesia seperti Padang, Pontianak, Banjarmasin, Lombok, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara. (cska)

 

Sumber : Humas UI

ADV-728_x_90

cska

Admin Super INFOKAMPUSNEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UI Gelar Forum Ilmiah Internasional bagi Puluhan Peneliti Ilmu Material

Universitas Indonesia (UI) melalui Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UI) yang bekerja sama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian...

Close