Hanya Dua di Indonesia, UI Miliki Salah Satunya. Apa itu?

Infokampus.news – Hai Sobat FoKus! Mumpung saat ini sudah mendekati masa-masa pendaftaran seleksi masuk kuliah, Infokampus.news akan berbagi sedikit tentang salah satu program studi Universitas Indonesia (UI), Okupasi Terapi. Simak selengkapnya di bawah ini.

Siswa SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi namun masih bimbang menentukan jurusan, Program Studi Okupasi Terapi dapat menjadi salah satu pilihan.

Terapi Okupasi adalah bentuk layanan kesehatan kepada masyarakat atau pasien yang mengalami gangguan fisik dan/atau psikis dengan menggunakan latihan mengerjakan sasaran yang terseleksi (okupasi) untuk meningkatkan kemandirian individu pada area aktivitas kehidupan sehari-hari, produktivitas dan pemanfaatan waktu luang untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Okupasi Terapi merupakan profesi yang masih sangat langka baik di dunia akademis maupun kesehatan. Di Indonesia, hanya 2 (dua) perguruan tinggi yang membuka jurusan tersebut, salah satunya adalah Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia.

Universitas Indonesia (UI) memiliki jurusan Okupasi Terapi (OT) sejak tahun 1997 dan pada tahun 2008 masuk di bawah naungan Vokasi UI. Program studi ini menghasilkan Ahli Madya Okupasi Terapi yang mumpuni dalam melatih seseorang yang memiliki gangguan fisik serta jiwa untuk mampu mandiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari atau Activity Day Living.

Baca Juga :  Ketua Ormawa Universitas Widyagama Malang Miliki Tiga Skill Kepemimpinan

Di dunia kerja, khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan, lulusan OT sangat dibutuhkan. Animo kebutuhan tenaga kesehatan di bidang OT masih sangat tinggi karena dalam kondisi ideal 1 orang pasien perlu ditangani sekurang-kurangnya selama 60 menit. Tempat-tempat yang perlu memiliki OT antara lain yakni seluruh rumah sakit dan sekolah-sekolah anak berkebutuhan khusus atau pengelola yayasan geriatri.

Prospek kerja para Okupasi Terapis juga sangat luas, mereka dapat bekerja di rumah sakit, klinik, pusat rehabilitasi, sekolah khusus, industri dan perusahaan swasta, serta menjadi seorang pendidik dan konsultan. Ruang lingkup OT terdiri atas pediatri (anak), geriatri (lansia), psikososial (gangguan jiwa), gangguan fisik, dan kesehatan kerja.

Jurusan ini cukup menjanjikan. Terbukti hingga tahun 2018, para lulusan prodi OT Vokasi UI terserap 100 persen di dunia kerja. Mereka langsung bekerja di berbagai unit pada Rumah Sakit (RS) umum dan khusus, RS pemerintah dan swasta, sekolah khusus , klinik, konsultan okupasi, serta praktik dokter spesialis.

Ketua Program Studi Okupasi Terapi Vokasi UI Gunawan Wicakcono, A.Md. OT, SKM, M.Si menuturkan, “Okupasi Terapis merupakan profesi kesehatan yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan pasien melalui aktivitas. Beberapa kondisi yang dapat ditangani oleh seorang Okupasi Terapis antara lain adalah gangguan perkembangan, gangguan sensori, gangguan sistem saraf, gangguan jantung, gangguan sistem, gangguan pada kulit, cidera, gangguan otot pada dan sendi, gangguan kognisi dan psikomotor, gangguan kesehatan mental.”

Baca Juga :  Diumumkan Hari ini, UGM Akan Terima 2060 Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri

Seperti contoh, ia menambahkan, pasien stroke diajarkan pakai baju sendiri, lalu melatih anak-anak berkebutuhan khusus yang mengalami keterlambatan pertumbuhan. Contoh pada anak, Okupasi Terapis banyak berperan dalam membangun kemandirian anak-anak berkebutuhan khusus seperti Down Syndrome, Attention Deficit & Hyperactivity Disorders, Attention Deficult Disorder, Cerebral Palsy, Learning Disorder dan lain sebagainya.

Sebagai gambaran, Sobat FoKus perlu mengetahui hal berikut. Program Vokasi UI merupakan program diploma (D3), di mana masa studinya sepanjang 3 (tiga) tahun atau 6 (enam) semester. Program Vokasi UI menerapkan kurikulum 3:2:1 di mana selama 3 semester mahasiswa belajar teori dan praktik di laboratorium, 2 semester studi kerja di dunia industri dan 1 semester magang.

Nah, itu tadi sekilas info tentang Okupasi Terapi UI. Berminat? Carilah info sebanyak-banyaknya dari sekarang, dan ikuti terus Infokampus.news untuk informasi seputar dunia kampus lainnya! (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *