Orasi Ilmiah Menkeu : Ekonomi Indonesia Tidak Stabil

Infokampus.news – Dalam acara Dies Natalis ke-56, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pidato ilmiahnya mengenai tantangan ekonomi global bagi Indonesia. Menurutnya, kondisi ekonomi Indonesia saat ini masih dalam kondisi yang tidak stabil. Apalagi, perekonomian di negara maju, seperti Amerika Serikat (AS) dan Eropa saat ini sedang mengalami kelemahan dikarenakan krisis keuangan global.

“Pengaruh arus modal dari negara-negara maju yang berimbas kepada negara-negara berkembang, menyebabkan keadaan ekonomi negara berkembang berada dalam ketidakpastian,” katanya seperti dikutip dari its.ac.id

Menurutnya, Indonesia yang tergolong sebagai Middle Income memang bakal terpengaruh dengan perkembangan perekonomian global tersebut.

“Negara yang paling berdampak, yakni mereka yang sedang menaikkan tingkat peringkat dirinya menjadi negara maju. Sedangkan Indonesia sendiri masuk dalam kategori berpendapatan menengah,” paparnya.

Baca Juga :

Selain itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjelaskan, Indonesia perlu memfokuskan sumber pertumbuhan ekonomi dalam negeri sebagai sumber pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Oleh karena itu, pemerintah perlu mempertahankan daya beli masyarakat, rendahnya tingkat inflasi serta stabilitas nilai Rupiah. Ia menambahkan, faktor lain melemahnya perekonomian Indonesia adalah karena menurunya aktivitas ekspor dan impor. Kendati demikian, ia optimis Indonesia memiliki peluang yang luas, selain ekspor dan impor.

“Bukti paling baru adalah Indonesia ternyata bisa bertahan dalam menjalani tekanan global. Oleh karena itu, menjadi suatu keharusan bagi perekonomian Indonesia agar memiliki daya tahan yang tinggi,” pungkasnya.

Penulis : Ucha Julistian
Editor : Galuh Pandu

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Tingkatkan Kualitas PT, Menristekdikti Siapkan Internasionalisasi
Tingkatkan Kualitas PT, Menristekdikti Siapkan Internasionalisasi

Perguruan tinggi di Indonesia dituntut untuk menigkatkan kualitas pendidikannya sampai ke taraf internasional. Dengan kulitas yang baik, maka perguruan tinggi...

Close