Anti Ribet, Outfit Lebaran Simple Ini Cocok Temani Hari Rayamu

Infokampus.newsBaju baru alhamdulillah, dipakai di hari raya. Tak punya pun tak apa-apa, masih ada baju yang lama. Sobat FoKus masih ingat dengan lagu ini kan? Di Indonesia, masih ada tradisi memakai baju baru saat lebaran. Tradisi yang konon ada sejak tahun 1596 ini tertulis dalam buku Sejarah Nasional Indonesia karya Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto. Kalau dikait-kaitkan dengan religi, orang-orang bilang memakai baju baru adalah simbolisme dari lahirnya jiwa yang baru di hari yang fitri. Namun, sebenarnya tak ada aturan tertentu dalam agama tentang pakaian. Jadi, kalian yang tak membeli baju baru tak usah khawatir, kan masih ada baju yang lama, hehe. Jika Sobat FoKus ingin tampil oke di hari lebaran, beberapa tips outfit lebaran ini mungkin akan membantu untuk mix and match baju-baju yang sudah ada.

Outfit Lebaran Anti Ribet
1. Abaya + Outwear Panjang

Lebaran selalu identik dengan outfit berwarna putih yang menandakan nuansa bersih dan kembali ke fitri. Tapi, jika kamu bosan dengan warna putih yang terlalu polos, kamu juga bisa menambahkan sentuhan outwear panjang ala Vivi Zubedi, desainer yang terkenal dengan busana Abaya ini.

Dengan atasan putih yang dipadu dengan rok putih atau celana kulot putih yang memberi efek longgar di tubuh kamu, tambahkan cardigan panjang dengan warna favorit kamu dan tentunya scarf yang warnanya senada dengan outwear kamu.

2. Nuansa Lebaran ala Tunik + Celana Katun

Potongan atasan tunik memang terdengar agak outdated, tapi tak ada salahnya jika Sobat FoKus kembali tampil beda dengan tunik yang memiliki aksen menarik. Misalnya, atasan tunik beraksen ruffle seperti yang dikenakan Zahratul Jannah ini.

Tunik bisa dipadupadankan dengan bawahan celana fit body atau celana katun. Jika tunikmu berwarna polos, Sobat FoKus bisa mengenakan hijab bermotif agar tampilan lebih berwarna.

3. Anggun dengan Maxi Dress + Celana Denim

Dress panjang berwarna kalem dengan di bagian depan ini cocok untuk dipadukan dengan celana jeans. Dengan paduan style ini, Sobat FoKus masih bisa tampil anggun dan sopan meskipun memakai celana jeans!

4. Tampil Netral dengan Warna Hitam

Pilihan lain buat kita yang tidak terlalu suka dengan warna mencolok, hitam adalah pilihan terbaik. Head-to-toe black outfit is cool, tapi untuk Idul Fitri coba deh tambahkan sedikit sentuhan warna cerah seperti biru atau pink supaya tidak terlalu kelam. Kenakan blouse hitam polos dan celana kulot berwarna cerah, jangan lupa memakai sling bag kecil sebagai pemanis!

5. jumpsuit

Di momen lebaran, Sobat FoKus bisa memakai jumpsuit namun tetap syar’i lho. Kamu bakal tampil manis dengan jumpsuit longgar berwarna cerah dan inner berwarna pastel. Kenakan pashmina dengan warna senada, dan pilih gaya hijab yang menutup dada.

6. Simple dengan Mix and Match Warna Netral

Selain gaya baju, pemilihan warna juga tak kalah penting. Jika Sobat FoKus tak terlalu suka pakaian yang ‘berwarna’, maka paduan warna putih dan abu-abu ini bisa jadi alternatifmu. Dengan rok yang tidak terlalu lebar dan atasan berwarna putih berlengan trompet, kamu akan terlihat simple namun tetap anggun!

7. Syar’i Simple dengan Jilbab Instan + Gamis Floral

Ingin tampil lebih syar’i namun anti ribet? Cukup kenakan gamis tanpa kombinasi dilengkapi dengan hijab instan sehingga kamu tak perlu repot-repot mencari kaca untuk membetulkan jilbab yang berantakan. Pilihlah motif bunga-bunga untuk gamismu, dan jangan takut memilih warna terang untuk hijabmu.

8. Hijab Bergo untuk Keseharian

Ingin terlihat muda dan kekinian tapi tetap syar’i, style ini barangkali cocok dengan kamu. Gamis bermotif dengan warna lembut, dipermanis dengan hijab bergo berwarna pastel. Agar lebih pas, pakai tas ransel kecil dengan gaya yang girly. Cocok untuk keseharianmu!

9. Syar’i dengan Hijab Pashmina

Hijab syar’i tak melulu harus pakai kerudung yang super duper lebar lho. Yang terpenting adalah tetap menutupi dada. Namun jika koleksi jilbabmu kebanyakan adalah pashmina, jangan khawatir dan buru-buru membuangnya, karena Sobat FoKus masih bisa tampil syar’i dengan jilbab pashmina, tergantung bagaimana kamu mengenakannya. Jika masih bingung, kunjungi saja tutorial hijab ala selebgram, dijamin membantu!

Itu tadi beberapa contoh gaya outfit lebaran yang bisa kamu terapkan di lebaran nanti. Masih banyak style outfit lebaran yang lain, yang terpenting adalah tetap tampil sopan. Buat yang berjilbab jangan tanggung-tanggung, stay istiqomah! (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
lebaran
Mau Lebaran? Intip Dulu 5 Jenis Alas Kaki yang Wajib Kamu Siapkan di Hari yang Fitri!

Lebaran tinggal menghitung hari nih sobat FoKus, udah punya persiapan apa hingga hari ini? Nah, untuk kamu yang mau mudik...

Close