P3AP LP3M UB Selenggarakan Pelatihan Konseling Untuk Dosen Penasihat Akademik

Infokampus.news – Pusat Pengembangan Pendidikan Akademik dan Profesional (P3AP) Lembaga Pendidikan dan Penjaminan Mutu Universitas Brawijaya (LP3M UB) selenggarakan pelatihan konseling untuk seluruh dosen penasehat akademik.

Bukan tanpa alasan, salah satu latar belakang utama yang menyebabkan P3AP LP3M mengadakan pelatihan ini adalah dikarenakan banyak mahasiswa UB yang mengalami penurunan performa akademik. Setelah ditelusuri, penurunan ini ternyata disebabkan oleh permasalahan-permasalahan psikologis yang dialami oleh mereka. Mamang kadang kala dalam menghadapi permasalahan-permasalahan psikologis ini mereka lebih memilih memendamnya. Jelas hal ini bukan sesuatu yang baik untuk mereka.

Menanggapi permasalahan tersebut P3AP LP3M UB kemudian menyelenggarakan pelatihan konseling yang bertujuan untuk memberikan bekal pada para dosen Penasehat Akademik (PA) agar kedepannya para dosen penasehat akademik ini dapat membantu dalam menangani permasalahan mahasiswa di fakultasnya masing-masing.

Pelatihan yang diselenggarakan di Swiss Bell Inn, Malang ini berlangsung selama dua hari, yakni pada tangal 30 sampai 31 Juli 2019. Pelatihan ini diberikan oleh P3AP LP3M UB (Bidang Konseling) yang beranggotakan dosen dari Program Studi Psikologi UB. Dalam kegiatan pelatihan konseling ini, para dosen PA tidak hanya diberikan materi mengenai konseling saja tetapi juga pada hari kedua nanti para dosen PA ini akan diminta untuk melakukan simulasi konseling langsung dengan mahasiswanya.

Baca Juga :  Kampus Unikama Bakal Terima 2000 Mahasiswa Baru di Tahun 2022

Pada hari pertama pelatihan yang dimulai dari pukul 07.30 WIB, para dosen akan diberikan pengantar mengenai karakteristik remaja dan penasehatan remaja oleh Ika Widyarini. Pada sesi materi menenai pengantar karakteristik remaja dan penasehatan remaja ini juga membahas tentang isu-isu atau permasalahan masiswa seperti radikalisme dan LGBT.  Kemudian sesi selanjutnya para dosen PA diberikan pembekalan micros skill dan tahapan dalam konseling. Dan penutup dari pelatihan konseling hari pertama ini yaitu pemberian materi mengenai pendektan konseling dan cara mengaplikasikannya.

Di hari kedua pelatihan, para dosen PA akan diminta untuk berlatih layaknya menjadi seorang konselor dengan sesama dosen dan setelah itu dengan mahasiswanya. Setelah proses latihan ini, tim dari P3AP LP3M UB akan melakukan evaluasi secara keseluruhan dalam pelaksanaan konseling. Dan kegiatan terkahir di hari kedua ini ada Post Test dan penutupan. (Sil)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *