Padukan Kearifan Lokal dan Nilai Eksplisit, Mahasiswa UM Ini Bikin Kumpulan Cerpen Digital

Infokampus.news, Malang – Kumpulan Cerpen digital dengan basis Augmented Reality adalah sebuah inovasi baru dalam membaca buku untuk para kawula muda, khususnya di kalangan siswa SMA. Adalah Teguh Dewangga, sang penulis cerpen yang mencetuskan ide untuk membuat buku sarat dengan nilai moral namun tetap ‘fun’ untuk dibaca para pemuda.

“Ini kumpulan cerpen berjudul “Rakai langit”, di dalamnya itu 1 cerpen terdapat 2 ilustrasi bewarna. Banyak nilai Jawa disini khususnya islam sih,” tukas dia saat ditemui tim infokampus.news.

Ia sengaja membuat ilustrasi sketsa berwarna di setiap judul untuk menarik minat baca, yang ditujukan untuk para siswa SMA.

“Kalau hitam putih kan tidak menarik ya, padahal niatnya menarik minat baca siswa SMA keatas hingga perguruan tinggi. Kami kritik secara eksplisit isu-isu yang sedang marak saat ini.” Tambahnya.

Kumpulan Cerpen Digital Ini Mudah Diaplikasikan

Jadi pembaca hanya perlu mendownload aplikasi Augmented Reality (AR) yang bisa di download gratis, pembaca hanya perlu melakukan scan gambar dari buku ke kamera handphone yang telah terinstall aplikasi AR ini.

“Jadi seperti ini, nanti mereka akan bercerita sendiri melalui monitor handphone.” Ujamaupun sambil menjelaskan.

Lebih lanjut, saat ditanya tentang keberhasilan temuannya ini, ternyata tidak hanya siswa yang tertarik. Namun beberapa ahli bahasa maupun ahli desain visual cukup menyukai dan mendukung karyanya ini.

“Tanggapan mereka positif sekali, karena ini kan mendidik. Tapi dengan cara kekinian yang fun, disamping juga muatannya sampai pada pembaca.” Tutupnya. (Pus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Permen Berbahan Kapulaga Ini Efektif Obati Luka Lambung!

Cineol mempunyai sifat antibakteri yang dapat mengobati luka lambung (ulkus) dan dapat mencegah terjadinya gas pada perut.

Close