Pakar Kepribadian Ungkap 80% Orang Sukses Miliki Ini

Infokampus.news, Malang – Pakar kepribadian, Dr. Umi Hayati M.Pd mengungkapkan tips dan trik menjadi mahasiswa unggulan. Menurutnya IPK tinggi saja tidak mampu membeli sebuah kesuksesan, ada banyak hal lain yang harus dimiliki oleh para mahasiswa.
Salah satunya adalah sikap dan etika yang baik. “80% orang sukses, berhasil itu karena sikap.” Tukasnya pada ribuan mahasiswa Universitas Islam Malang (UNISMA) dalam Studium Generale “Membangun Sikap dan Etika Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0” yang digelar hari ini (25/9).
Cara untuk menumbuhkan sikap yang baik tidak serta merta terjadi begitu saja. Menurutnya ada beberapa hal yang harus dilakukan mahasiswa secara konsisten agar sikap yang baik mengakar dalam diri, hal ini bisa dimulai dengan berbicara sopan dengan dosen.
“Jangan mau jadi mahasiswa average, kalian harus punya branding yang baik. Kalau maba ya kalian harus selalu aktif bertanya jadi dosen itu tau performa kalian, kalau dengan dosen itu berbicara atau mengirim pesan intonasi dan pemilihan kata juga harus diperhatikan. Jangan lupa perkenalkan diri, jangan ujug-ujug bertanya atau mengingatkan dosen dengan bahasa yang tidak sopan.” Tambahnya lagi.
Pentingnya memiliki sikap dan etika yang baik saat ini sudah menjadi kriteria standar semua perusahaan di Indonesia bahkan dunia. Jika mahasiswa tidak memiliki sikap yang baik, tak jarang justru IPK setinggi apapun tidak akan bisa membuatnya sukses.
Ia menuturkan pengalamannya membantu sebuah perusahaan untuk mengetes para calon karyawan, nyatanya banyak yang gagal karena tidak memiliki sikap dan juga konsep diri yang jelas.
“IPK tinggi 3.98 tapi waktu ditanya kompetensimu apa sebagai mahasiswa jurusan sastra Inggris? Bingung dia ‘apa ya bu’ lho? Kok bisa. Dalam interview pekerjaan juga harus tegas, ditanya apa jawab yang tegas sesuai pertanyaan, ditanya gaji jelas bilang UMR tidak pakai malu-malu. Buat diri kalian itu unggul di segala hal sehingga siapapun dan badan usaha apapun tak ragu mempekerjakan kalian. Sebagai mahasiswa harus punya kepribadian, sikap dan konsep diri yang jelas.” Tutupnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
2nd Internasional Youth Summit
Konferensi 2nd Internasional Youth Summit Lahore di Pakistan

Infokampus.news – Center for Sustainability Research and Practice University of Lahore, Pakistas menawarkan konferensi pemuda dalam ajang 2nd International Youth

Close