Pameran Tematik Pahlawan Boeng Ajo Boeng, Ternyata Ini Sejarahnya

Infokampus.news, Malang – Beberapa tokoh pahlawan dan pejuang Indonesia hari ini dipamerkan dalam bentuk grafis visual di acara pameran karya grafis “Boeng Ajo Boeng” di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta Barat. Karya grafis yang dibuat oleh 17 kreator dari Kreativa ini sendiri menurut panitia sendiri merupakan bentuk perjuangan dari generasi muda saat ini.

“Ke-17 pejuang muda ini juga bisa disebut berjuang, karena mereka berjuang melalui karya demi memperkenalkan pahlawan-pahlawan kepada masyarakat luas,” ungkap salah satu panitia.

Lebih lanjut, Pimpinan Redaksi Tempo Arif Zulkifli mengungkapkan pengambilan tema “Boeng Ajo Boeng” dilandasi cerita sejarah. Pada saat itu, poster pasca kemerdekaan pertama kali yang disebarkan pemerintah aalah poster dengan tulisan kata-kata Boeng, Ajo Boeng.

Baca Juga :

“Jadi dulu pasca kemerdekaan Soekarno memberikan tugas kepada seniman tersohor masa itu Affandi, untuk membuat poster untuk disebarkan ke daerah-daerah. Nah saat itu Affandi hanya melukis gambar orang yang terputus dari rantai sambal memegang bendera merah-putih, saat Affandi belum mendapat kata kata yang bagus untuk poster tersebut akhirnya Chairil Anwar memberikan saran Boeng, Ajo Boeng yang ternyata Chairil dapatkan dari cara para pelacur menggoda pelangganya pada zaman dulu,” cerita pria yang sering disapa Azul ini.

Jadi menurutnya pula, melalui cerita tersebut penggambaran visual memang sudah menjadi alat pergerakan para pahlawan zaman dahulu. Oleh karena itu,menurutnya ini juga menjadi bukti bahwa pesan melalui visual baik itu postr, luksan, dan foto memang menjadi senjata ampuh untuk menggerakan suatu individu.

Selain lukisan dan kata mutiara para pahlawan pendiri bangsa seperti Soekarno, Tan Malaka, dan Cut Nyak Dien dipamerkan pula pahlawan modern yang ceritanya pernah ditulis dalam majalah Tempo seperti Wiji Tukul dan Gus Dur.

Penulis : Ucha Julistian
Editor : Galuh Pandu

Foto : Ucha – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Peringati Hari Pahlawan, Ini pesan Menristekdikti untuk Anak Muda
Peringati Hari Pahlawan, Ini pesan Menristekdikti untuk Anak Muda

Masih dalam momentum hari pahlawan 10 November, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir berpesan, generasi muda saat...

Close