Pameran Ziarah FIB UB Ajak Pengunjung Ingat Tradisi dan Kearifan Lokal Indonesia Ditengah Era Globalisasi

Infokampus.news, Malang – Dalam rangka menyambut peringatan Dies Natalis ke-8, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (FIB UB) Hari ini menggelar kegiatan pameran lukisan dan Bazaar Buku Indie bertajuk “Ziarah”. Pada gelaran Pameran Ziarah yang di laksanakan di Gedung B FIB UB ini sendiri banyak dihadiri oleh kalangan mahasiswa maupun kalangan pecinta seni se-Malang Raya.

Pameran Ziarah Sebagai ruang tafsir bersama untuk menziarahi imajinasi dan identitas ke-Indonesiaan saat ini

Sebanyak 47 karya lukisan para peserta yang terdiri dari berbagai macam jenis seni yaitu seni makram , seni grafis, seni lukis, serta seni instalasi hadir dalam pameran Ziarah ini. Diakui oleh Ketua Pameran Ziarah Romy Setiawan, pengambilan tema ziarah dimaksudkan sebagai respon kreatif, inovatif dan capaian kekaryaan para peserta pameran terhadap sebuah ingatan dari akar tradisi dan kearifan dalam menyikapi era kemajuan zaman dan globalisasi dunia yang kini mengepung situasi sosial dan budaya kita bersama.

Selain itu, Ziarah juga dimaksudkan sebagai ruang tafsir bersama untuk menziarahi imajinasi dan identitas ke-Indonesiaan saat ini. Dimana sebuah bangsa terlahir karena ditemukan dan diciptakan. Sehingga dalam pameran Ziarah ini tema karifan lokal dalam era globalisasi sangat ditonjolkan dalam tiap karya peserta.

“Ziarah sendiri dapat diartikan sebagai perjalanan personal seseorang dalam menemukan diri. sehingga para penziarah dapat menziarahkan diri menyembuhkan pikiran dan dapat menemukan kedamaian dalam diri,” Ungkapnya.

Tema Ziarah Didasari Semangat FIB UB

Tema ziarah sendiri diambil atas dasar inisiasi para dosen Fakultas Ilmu Budaya UB yang juga dimaksudkan untuk menerjemaahkan semangat Fakultas yaitu Menggali Lokal Menjaring Global. Semangat itu sendiri diartikan agar para insan mahasiswa terus menggali kearifan lokal dalam seni yang ada di Indonesia.

“Atas semangat FIB UB tu sendiri akhirnya tebentuk Ziarah yang tentunya bisa merepresentasikan semangat dan Tagline Menggali Lokal Menjaring Global,” Pungkasnya.

Dengan Pameran, Diharapkan Ada Perkembangan Dalam Bidang Seni Rupa

Atas pameran yang bertajuk Ziarah ini sendiri, diharapkan tradisi pameran seni rupa di Indonesia khususnya di Kota Malang dapat terus berkembang. khususnya bagi para mahasiswa FIB UB diharapkan bisa terus mengembangkan tradisi pameran Seni Rupa agar terus bisa tergali bakat-bakat kreatif yang tentunya bisa memberikan kontribusi pada perkembangan seni rupa di Indonesia.

Pameran Ziarah ini sendiri masih akan berlangsung sampai tanggal 15 September 2017 nanti, Selain dapat menikmati pameran seni rupa, para pengunjung juga bisa sekaligus melihat oleksi buku-buku Indie yang juga terdapat dalam arena pameran Ziarah tersebut. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini 5 Kampus Berkualitas dengan Biaya Pendidikan Termurah!

Deretan universitas di bawah ini masuk dalam jajaran universitas dengan biaya pendidikan termurah di seluruh dunia.

Close