Pamerkan Foto Profesi, ‘Tidak Hanya Gambar, Tapi Mampu Bercerita’

Infokampus.news, Malang – Prodi ilmu komunikasi 2016 Universitas Muhammadiyah Malang tengah menggelar pameran foto yang berahir hari ini (23/12). Pameran foto dengan tema profesi dan bagaimana lika liku kehidupan mereka menghadapi profesi yang ditekuni.

“Kami rasa unik dan belum ada yang pakai tema ini, jadi ahirnya kami putuskan pakai tema ini, tapi tetap kami usung sesuatu yang beda,” ujar ketua pelaksana Afrizaldy Mariyanto.

Pameran yang digelar untuk memenuhi tugas materi dasar-dasar fotografi ini diakuinya memiliki lika-liku kesulitan tersendiri dalam prosesnya, terutama saat proses pengambilan gambar.

“Kalau masing-masing peserta kebanyakan kesulitannya di prosesnya sih, proses negosiasi foto sama narasumber. Karena banyak obyek yang kita harus ambil,” paparnya.

418 Karya Tersisih Hingga 85 Karya

Dari total 418 karya yang masuk hanya tersisa 85 karya yang berhasil lolos masuk dalam pameran ini. Proses seleksi yang ketat mulai dari ‘makna’ foto dan juga keunikan profesi perlu dipertimbangkan oleh dosen mata kuliah.

“Seleksi ketat, dari 418 tinggal 85 karya dari 52 mahasiswa,” tambahnya.

Ia mengaku portfolio yang ia buat bersama teman-temannya ini tidak diharuskan menggunakan kamera canggih untuk mendapatkan foto yang sesuai, namun pesan yang tersirat dari foto tersebut. Namun justru dari sinilah mereka belajar bagaimana menjadi fotografer yang sebenarnya.

“Bukan tentang bagus fotonya aja, tapi pesan yang disampaikan dalam foto itu sendiri bagaimana foto berbicara pada audiencenya,” pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

  • Program Studi Seni Rupa Murni Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Brawijaya (UB) tahun ini kembali menggelar acara Dedicated Aesthetic di Aula FIB UB.
  • Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, 10 November, Kreavi bekerja sama dengan Tempo menggelar pameran grafis dengan tema Boeng Ajo Boeng”. Kegiatan dilaksanakan di dua tempat berbeda, yakni pameran diselenggarakan di Gedung Tempo. Sedangkan pesta rakyat diselenggarakan di Museum Bank Indonesia, Jakarta.

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rasakan Pengalaman “Starwars” di Perayaan Tahun Baru HARRIS Hotel & Convention Malang

Di malam perayaan tahun baru 2017, para pecinta starwars akan dimanjakan dengan kehadiran darth vader dan stromtrooper di unique ballroom...

Close