Panen Guru Besar, Wakil Rektor IV UB Akhirnya Sah Jadi Profesor

Infokampus.news -Dua doktor yang berasal dari Universitas Brawijaya Malang resmi dikukuhkan menjadi Guru Besar di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya Malang (16/1). Pertama yakni Prof. Dr. Ing. Setyawan Purnomo Sakti dan yang kedua Prof. Dr. Ir. Moch. Sasmito selaku Wakil Rektor 4 Universitas Brawijaya itu sendiri.

Kabar menariknya keduanya menerima surat keterangan Guru Besar dalam waktu yang relatif singkat yakni kurang dari satu tahun, padahal rata-rata Guru Besar mencapai gelar ini dalam kurun waktu 2 tahun. waaah sungguh prestas yang luar biasa ya Sobat FoKus!

“Cepat atau tidaknya itu tergantung orangnya, kalau semua on the right track ya insyaAllah cepat. Semoga ini bisa mengubah stigma masyarakat kalau menjadi guru besar itu lama dan susah,” tukas Prof Sasmito selaku Guru Besar Bidang Ilmu Biologi Reproduksi Molekul Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang.
Perlu diketahui, Wakil Rektor 4 untuk meraih gelar Guru Besar mengambil penelitian mengenai “reproduktif herbalisme , metode pendekatan berdasarkan mekanisme sinergetik komplek dalam membangun sistem pertahanan tubuh dan kesehatan reproduksi”.  Dalam penelitian ini salah satunya dia menemukan bahwa tanaman obat yang ada di Indonesia hanya cocok digunakan orang Indonesia.
“Orang indonesia kalau sebut herbal itu harus tetap memperhatikan dosis, kondisi pengkonsumsi dan sebagainya tidak bisa asal. Katu itu bermanfaat memang tapi ternyata juga bisa berbahaya bagi paru-paru ibu kalau kondisinya tidak diperhatikan.” Terang Beliau lebih lanjut.
Selain itu saat ini dirinya sendiri sudah memiliki 5 paten, diantaranya adalah formula pakan ayam broiler yang mengandung daun kendodong lau (Polyscias Obtusa), Formla dan metode ekstraksi senyawa aktif daun tapak liman (Elephantopus scaber L), Formula suplemen untuk ibu hamil dengan kandungan tapak liman (Elephantopus Scaber L) dan daun katuk (Sauropus androgynus), Peptida Spesifik Dario Virus Epstein-Barr dan Penggunaannya, serta metide Vitrifikasi Oosit Hewan Ruminansia. (Him/Jul) 

Leave a Reply

Your email address will not be published.