Para Mahasiswa Ini Teliti Tawuran Massal Bisa Karena Hasutan Alumni

Infokampus.news, Malang – Tawuran massal dan berbagai kenakalan remaja yang sering terjadi saat ini ternyata salah satunya merupakan hasil dari sebuah hasutan ataupun kabar buruk yang disampaikan dari mulut ke mulut maupun media massa. Untuk itulah Fadya Wulandari, Erdiana Putri, Fania Alif, Nurul Dwi, dan M. alif yakni mahasiswa Universitas Brawijaya Malang (UB) meneliti kenakalan remaja hingga ke akarnya.

Dengan mengangkat judul “Mendorong Aplikasi Ujicoba Strategi Optimalisasi Fungsi BK” mereka mencoba melakukan penelitian di sekolah-sekolah di kota Jakarta.

“Penelitian ini di Jakarta ya, didasarkan hari-hari terakhir ini orang gampang dihasut. Sebenarnya ada beberapa hal yang ditekankan dalam mengatasi ini, tetapi strategi yang dihasilkan belum bisa sepenuhnya menanggulangi kasus ini.” Tukas Fanni.

Tawuran Massal Maupun Kenakalan Remaja Lain Bisa Dihindari Dengan Optimalisasi BK dan Filter Informasi

Menurut penelitian mereka, hal ini bisa ditanggulangi dengan mengoptimalkan kinerja Bimbingan Konseling (BK) yang ada di sekolah

“Kami melibatkan 5 sekolah dan hasilnya memang butuh optimalisasi dari BK yang ada.” Ujar dia.

Selain itu pengarahan untuk memfilter semua informasi yang didapatkan siswa juga penting. Pihaknya menilai ada peran serta alumni dalam memberikan informasi negatif seperti tentang harus memusuhi golongan lain dari sekolah lain.

“Alumni juga berperan dalam ‘menghasut ini’ jadi mereka bisa memberikan info ini lho sekolah ini itu musuh kita bersama. Jadi kita harus bantu mereka untuk filter informasi negatif semacam ini,” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wow, Mahasiswa Ini Manfaatkan Darah Ayam Untuk Pakan Ternak Puyuh!

Dalam acara Monitoring Evaluasi yang digelar di Universitas Negeri Malang (UM), salah satu kelompok mahasiswa ini memanfaatkan darah ayam

Close