Para Mahasiswa UNIKAMA Ini Ubah Pola Tanam Petani Gunakan Pupuk PGPR

Infokampus.news – Pupuk PGPR adalah bakteri pemacu pertumbuhan tanaman. Bakteri yang terdapat dalam PGPR adalah sejenis bakteri yang biasa hidup di akar tanaman. Mikro Organisme ini hidup berkoloni di sekitar tanaman yang dapat membantu memacu pertumbuhan tanaman dan meningkatkan ketahanan tanaman terhadapat jamur pathogen.

Memanfaatkan akar bambu untuk membuat pupuk PGPR ini dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan Malang kelompok 2 yang berjumlah 12 orang. Dengan adanya dampak negatif dari pestisida, maka dibutuhkan teknologi alternatif untuk meningkatkan produksi pertanian yang lebih aman.

Sekarang ini, banyak teknologi yang memungkinkan untuk dikembangkan dan relative aman untuk lingkungan, seperti pemanfaatan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR)
“Kami membuat PUPUK PGPR ini dengan tujuan untuk membantu warga membuat pupuk pgpr sendiri melihat kondisi lingkungan warga Desa Tamankuncaran yang mayoritas adalah petani” Ujar Ade Cakra selaku penanggung jawab program kerja pupuk PGPR

Tantangan yang di hadapi saat ini adalah mengubah pola pikir masyarakat petani dari penggunaan pupuk kimia menjadi pupuk organik hayati, karena jika dibiarkan sangat tidak baik untuk kedepannya yang harus didorong melalui pupuk PGPR ini bagaimana mengajak petani untuk bercocok tanam secara organic dan ramah kantong. (Hum)

Baca Juga :  Jelang Penutupan SBMPTN 2019, Berikut Daftar PTN yang Paling Diminati Calon Mahasiswa

Sumber: Humas UNIKAMA

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *