PDSS 2019 Resmi Tutup, Jumlah Sekolah yang Lakukan Finalisasi Alami Peningkatan

Infokampus.news – Pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) merupakan salah satu prasyarat untuk pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada Februari mendatang. PDSS 2019 telah resmi ditutup pada hari Minggu (27/1/2019) kemarin.

Tahun ini, jumlah sekolah yang melakukan finalisasi data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebanyak 14.675 sekolah yang berarti telah mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Profesor Ravik Karsidi, membenarkan, “Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 10.152 sekolah,” ujarnya di Jakarta, Minggu (27/1/2019).

Peningkatan itu ditunjukkan pula pada data jumlah sekolah potensial yang melakukan pengisian dan verifikasi PDSS. Jika tahun sebelumnya terdapat 8.188 sekolah yang berpotensi mengisi data namun tidak melakukan pengisian data ataupun finalisasi PDSS, pada tahun ini jumlah itu secara signifikan turun menjadi 3.531 sekolah.

Pengisian PDSS merupakan langkah awal untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pengisian dan verifikasi PDSS 2019 oleh sekolah telah ditutup kemarin. Namun siswa masih berkesempatan untuk memverifikasi ulang datanya hingga tanggal 29 Februari 2019 sebelum melakukan pendaftaran SNMPTN. Untuk pendaftaran SNMPTN sendiri dibuka mulai 4 Februari hingga 14 Februari 2019.

Ravik menjelaskan pada saat ini halaman verifikasi data siswa sudah dibuka. “Kami berharap siswa segera melakukan verifikasi data siswa hingga 29 Januari pukul 10.00 WIB,” tambahnya.

Hingga kemarin, jumlah siswa yg melakukan verifikasi PDSS 2019 tercatat sebanyak 446.114 orang. Jumlah ini diharapkan terus meningkat dan mencapai target hingga ditutup besok. (him)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *