Peduli Disabilitas, Dosen FILKOM UB Buat Kursi Roda Pintar

Infokampus.news, Malang – Tim Riset Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brwaijaya (FILKOM UB) membuat terobosan baru untuk membantu kaum disabilitas dalam kegiatan sehari-seharinya. Inovasi baru bernama smart wheelchair ini adalah sebuah kursi roda yang dapat dikendalikan oleh handphone android maupun dengan kendali suara.

“Nantinya kursi roda pintar ini akan bisa dikendalikan baik melalui kontrol maupun perintah suara. Serta akan ada sensor dimana kursi roda dapat menangkap objek disekitarnya dan membuat perintah otomatis. Seperti jika ada objek yang besar didepan, maka secara otomatis sensor bisa menangkap keberadaan objek tersebut dan berhenti secara otomatis,” ujar Rohman mahasiswa FILKOM UB mewakili tim yang tidak dijumpai di lokasi.

Baca Juga :

Tim Dosen Filkom UB ini terdiri dari Fitri Utaminingrum, Hurriyatul Fitriyah, Randy cahya Wihandika, Aii Fauzi, Dahnial Syauqy, dan Rizal Maulana. Menariknya, produk inovatif ini sudah diuji oleh tim penguji dan dinilai layak digunakan.

“Smart Wheelchair ini dibuat untuk penyandang disabilitas supaya lebih mandiri,” Imbuh Rohman.

Kedepan, kursi roda pintar ini akan dikembangkan dan makin mengangkat nama UB sebagai salah satu universitas yang memiliki fokus perhatian dan peduli terhadap disabilitas.
Penulis : Ucha Julistian
Editor : Galuh Pandu Larasati

Foto : Ucha – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sulitnya Ujian Masuk Universitas di Tiongkok Akan Bikin Kalian Bersyukur Sekolah di Indonesia

Kita sering mengeluhkan betapa susahnya masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia, terutama universitas-universitas top seperti UI, ITB, maupun UGM....

Close