Pelajari Isu Akuntansi Forensik, UWG Malang Adakan Studi Lapang Ke Bangkalan

Infokampus.news, Bangkalan – Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UWG Malang mengadakan kuliah lapang ke Universitas Trunojoyo Madura. Sekitar 60 mahasiswa melakukan kuliah lapang, kegiatan kuliah lapang ini sendiri adalah bagian dari mata kuliah Akuntansi dan Keuangan Sektor Publik.

Kunjungan ini sendiri dilakukan untuk melakukan diskusi bersama dengan mengangkat tema “Isu-Isu Seputar Akuntansi Forensik”. Dekan FEB Universitas Trunojoyo Madura, Kajur Akuntansi Universitas Trunojoyo Madura dan UWG Malang, dosen-dosen Universitas Trunojoyo Madura dan UWG Malang juga turut hadir dalam diskusi yang bertempat di Aula Grahautama Universitas Trunojoyo Madura.

Anita Carolina selaku dosen dari Universitas Trunojoyo Madura menjadi pembicara pada kuliah lapang tersebut, menurutnya Akuntansi forensik merupakan bidang yang paling menonjol di jurusan akuntansi Universitas Trunojoyo Madura.

“Akuntansi Forensik adalah perpaduan antara ilmu akuntansi, hukum, psikologi, sosiologi, dan IT yang diterapkan untuk mengumpulkan barang bukti yang sulit terdeteksi, ini berbeda dengan audit,” jelas Anita.

Isu Forensik Tidak Selalu Berhubungan Dengan Medis

“Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UWG Malang sendiri belum memasukkan Akuntansi Forensik ini dalam kurikulumnya. Kami sangat tertarik dengan perkembangan baru ini, ke depan kami ingin pula memasukkan Akuntansi Forensik ini ke dalam kurikulum,” ungkap Dr. Ana Sopanah, SE, MSi, Ak, CA, CMA, CIBA selaku Ketua Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UWG Malang.

“Sangat menarik, selain bisa bersilaturahmi dengan mahasiswa akuntansi dari Universitas Trunojoyo Madura, kami dapat ilmu baru tentang Akuntansi Forensik. Yang saya ketahui kata forensik selama ini hanya dikaitkan dengan dunia medis. Ternyata ilmu akuntansipun memanfaatkannya untuk mengungkap kekurangan dalam praktik bisnis dan pemerintahan,” ungkap salah satu mahasiswa. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasar Takjil Jalan Veteran Ini Bisa Jadi Rekomendasi Tempat Mencari Makanan Berbuka

Infokampus.news, Malang - Salah satu Pasar Takjil di Kota Malang yang banyak dikunjungi oleh masyarakat adalah Pasar Takjil Jalan Veteran.

Close